WHO Minta G7 Biayai Perang Melawan Covid-19

oleh

WHO, Senin (3/5), memohon kepada G7 untuk membiayai upaya dunia bangkit dari pandemi covid-19 sembari memperingatakan bahwa krisis kesehatan tidak akan usai jika lembaga itu tidak ambil bagian.

Organisasi Kesehatan Dunia itu mengatakan G7 memiliki kemampuan untuk membiayai vaksin, pengujian, dan perawatan yang dibutuhkan untuk menundukkan pandemi covid-19 serta meruntuhkan penghalang yang mencegah produksi bisa berjalan lebih cepat.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak G7 untuk mengambil langkah dalam KTT pada 11 hingga 13 Juni, yang akan dipimpin Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di Cornwall.

Baca juga: Kanada Rekomendasikan Vaksin Johnson & Johnson untuk 30 ke Atas

“Negara G7 adalah pemimpin ekonomi dan politik dunia. Mereka juga merupakan negara produsen vaksin,” ujar Tedros.

“Kami akan menyelesaikan masalah krisis vaksin dengan kepemimpinan negara-negara G7,” imbuhnya.

Tedros didukung oleh mantan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown yang menyebut pandemi covid-19 telah menjadi bencana buatan manusia.

Program Akses Percepatan Covid-19 yang bertujuan menemukan, mengembangkan, dan mendistribusikan vaksin, tes, dan terapi covid-19 masih kurang US$19 miliar dari target US$22 miliar pada tahun ini.

Tambahan dana sebesar US$35 miliar hingga US$45 miliar dibutuhkan pada tahun depan untuk memastikan seluruh warga dewasa di dunia telah mendapatkan suntikan vaksin covid-19. (AFP/OL-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *