Wasit transgender catat sejarah sepak bola Israel

oleh
Jakarta (ANTARA) – Sapir Berman membuat sejarah olahraga saat memimpin pertandingan sepak bola Liga Premier Israel untuk pertama kalinya setelah mengumumkan diri transgender.

“Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan yang panjang dan indah. Sapir, kami bangga melakukannya dengan Anda,” kata Asosiasi Sepak Bola Israel, saat Berman menjadi wasit untuk pertandingan Beitar Jerusalem vs Hapoel Haifa, seperti dikutip Reuters, Selasa.

Pada konferensi pers Selasa lalu di mana dia secara terbuka mengumumkan peralihan status gendernya, Berman (26) yang sudah menjadi wasit teratas dalam liga sepak bola terkemuka di Israel itu mengatakan selalu melihat dirinya perempuan, bahkan pada usia muda.

Dia mengatakan bahwa para pemain sudah mulai menggunakan bentuk kata feminin dalam bahasa Ibrani saat memanggilnya.

“Mereka benar-benar merasa ingin mengambil bagian dalam proses ini dan bahkan berbicara dengan pria jika tidak pantas dan berbicara kepada saya sebagai wanita. Terima kasih,” kata Berman.

Di luar stadion di utara kota Haifa, seorang penggemar membawa spanduk yang memuji Berman sebagai “wanita super, luar biasa, berani.”

Berman bukanlah wasit transgender pertama sepak bola. Seorang wasit sepak bola Inggris, Lucy Clark, mengumumkan peralihan status gendernya pada 2018.

Baca juga: Crespo mundur sebagai pelatih Defensa setelah juarai Sudamericana

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *