Warga Temukan Situs Bersejarah Kastel Batavia saat Gali Sumur

oleh

PASCADITEMUKANNYA situs bersejarah Kastel Batavia oleh tim arkeolog dari Universitas Indonesia (UI) di Pademangan Jakarta Utara, kini galian situs tersebut sudah ditutup kembali. 

Sebelum nya warga setempat mengaku sudah mengetahui adanya situs peninggalan tersebut dari aktivitas penggalian sumur. 

Suwanto Ketua RT 08 Kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan Jakarta Utara mengatakan warganya sudah mengetahui hal tersebut. 

“Sebelum tim Arkeologi UI turun ke lapangan ada beberapa warga yang menggali sumur dan mendapati dibawahnya ada pondasi bata tersusun rapi,” ungkap Suwanto saat ditemui di sekitar bekas galian penemuan situs bersejarah Kastel Batavia, Selasa (1/6).

Baca juga: Ditemukan Peralatan dari Tulang dan Batu di Situs Gua Pangeran

Di tempat tersebut juga ditemukan beberapa benda bersejarah lainnya seperti batu kuning dan pecahan perkakas keramik yang mempunyai motif berbeda beda. Saat ini benda tersebut sudah diamankan di dinas terkait.

Menurut Suwanto, rencananya Dinas Perumahan DKI Jakarta akan membangun rumah susun dikawasan tersebut. Namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Dinas Perumahan melaporkan ke Dinas Purbakala dan Tim Arkeolog UI, dan telah melakukan penelitian di lapangan dengan waktu 14 hari menggunakan mesin eskavator.

“Dari 5 titik yang dikerjakan ditemukan 2 titik yang terdapat kastel peninggalan Belanda, dan diperkirakan dibangun pada abad 1.600 bekas peperangan Portugis dan Belanda,” pungkasnya. (A-2)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *