Viral Foto Warga Berjubel di KRL Yogyakarta-Solo

oleh

VIRAL foto yang menunjukkan suasana berjubel di dalam salah satu KRL Yogyakarta-Solo. Foto yang diduga diambil pada Selasa (1/6) itu kemudian ditanggapi oleh VP Corporate Secretary  KAI Commuter Anne Purba.

Dalam rilisnya ia mengatakan warga Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya kembali memanfaatkan jasa KRL pada libur Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Hingga pukul 12.00 WIB tercatat 3.752 pengguna menggunakan jasa KRL Yogyakarta-Solo atau bertambah 4% dibandingkan waktu yang sama pada Senin 31 Mei 2021.

“Kondisi pada foto yang beredar tersebut bisa saja terjadi hanya pada kereta/gerbong tertentu, tapi pada kereta yang lain kondisinya kosong dan lebih lengang. Hal ini karena biasanya pada akhir pekan dan hari libur diisi para pengguna musiman yang menggunakan kereta dalam rombongan kecil atau keluarga yang tidak mau terpisah selama perjalanan,” katanya.

Sejumlah stasiun yang volume penggunanya naik cukup besar antara lain Stasiun Solo Balapan (1.244 pengguna atau naik 7% dibanding Senin 31 Mei pada waktu yang sama), Stasiun Yogyakarta (894 pengguna, naik 12%), dan Stasiun Purwosari (434 pengguna, naik 8%). Menurut dia, kenaikan jumlah pengguna ini sejalan dengan karakteristik pengguna KRL Yogyakarta-Solo memang lebih banyak pada akhir pekan dan hari libur dibandingkan hari kerja.

“Pada masa sebelum bulan puasa dan Lebaran, volume pengguna tertinggi saat akhir pekan pernah mencapai 12.000 orang dalam satu hari. Pada Minggu lalu kami melayani hingga 9.228 pengguna,” katanya.

Setiap hari, imbuh Anne Purba, KAI Commuter menjalankan 20 KRL sesuai yang diizinkan oleh Kementerian Perhubungan dalam Grafik Perjalanan Kereta Api tahun 2021. Namun saat ada potensi jumlah pengguna meningkat cukup besar, katanya, KAI Commuter dapat menjalankan 2-4 perjalanan. “Bahkan kami pernah menjalankan hingga tujuh KRL dengan mempertimbangkan kondisi kapasitas stasiun,” jelasnya.

 

Untuk antisipasi peningkatan jumlah pengguna KRL, Selasa (1/6), KAI Commuter menjalankan dua KRL tambahan yaitu pukul 11.20 dari Stasiun Solo Balapan dan pukul 18.30 dari Stasiun Yogyakarta. Jadi total pada hari ini para pengguna KRL Yogyakarta-Solo dapat dilayani dengan 22 perjalanan. (OL-14)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *