Vaksinasi Covid-19 untuk Penyandang Disabilitas Dimulai Hari Ini

oleh

VAKSINASI covid-19 untuk kelompok penyandang disabilitas dimulai hari ini, Rabu (2/6), di tiap-tip provinsi. Vaksinasi covid-19 bagi penyandang disabilitas meliputi penyandang disabilitas fisik maupun mental.

“Sudah dimulai hari ini dan dilaksanakan di masing-masing provinsi,” kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, Rabu (2/6).

Penyandang disabilitas di Indonesia ada 562.242 orang. Penyandang disabilitas dapat dilayani di seluruh fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi manapun dan tidak terbatas pada alamat domisili KTP.

Baca juga: Vaksin Sinovac Akhirnya dapat Izin WHO

Hal ini Sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan No. HK.02.01/MENKES/598/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas, Serta Pendidik, dan Tenaga Pendidikan.

Sementara itu, Direktur Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan Siti Kalimah mengatakan vaksinasi disabilitas dibantu sejumlah komunitas, organisasi lokal, dan pihak swasta.

“Mereka membantu dari segi mobilisasi masyarakat lanjut usia dan penyandang disabilitas. Mereka mendaftarkan, dan mengatur transportasi antar jemput masyarakat ke fasilitas pelayanan kesehatan tempat pelayanan vaksinasi covid-19,” ucap Siti.

Tidak hanya itu, Kementerian Kesehatan juga sudah melakukan vaksinasi untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Vaksin untuk ODGJ sudah dilakukan sejak kemarin, Selasa (1/6).

“Kami bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melakukan pendataan ODGJ terlantar yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),” ujar Siti. (OL-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *