UP Jalin Kolaborasi Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

oleh

ERA disrupsi revolusi industri 4.0 menuntut seluruh elemen bangsa dan negara untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Terlebih dengan perkembangan digitalisasi dan teknologi informasi, Perguruan Tinggi diharapkan dapat menyajikan pendidikan dan pengajaran jarak jauh, yang dapat dinikmati oleh Mahasiswa di manapun dan kapanpun. 

Bahkan dengan tampilan yang memenuhi segmen millenial. Begitu juga dengan riset yang mengharapkan adanya inovasi dan dapat diterapkan di masyarakat, dunia usaha dan industri, yang kemudian perlu disosialisasikan kepada masyarakat, melalui bingkai pengabdian masyarakat. 

Untuk pemenuhan hal tersebut, terlebih, di masa kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, mahasiswa diberikan hak belajar 3 (tiga) semester di luar program studinya maupun di luar Universitasnya, untuk mendapatkan hard skill dan soft skill yang sesuai dengan peminatannya. 

Kerja sama antar Perguruan Tinggi menjadi sesuatu yang harus dilakukan, dalam hal pelaksanaan tri dharma Perguruan Tinggi, seperti dengan saling bertukar dosen, mahasiswa, bahkan dapat melakukan riset kolaborasi untuk menciptakan inovasi, serta penggunaan teknologi informasi untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang memenuhi indikator capaian. 

Baca juga : Inilah 20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Universitas Pancasila merupakan salah satu dari 46 (empat puluh enam) Universitas se Indonesia dalam Liga 2 yang menerima bantuan Pemerintah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Universitas Pancasila telah menjadi Universitas yang fokus untuk menerapkan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, program-program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 

“Universitas Pancasila juga upaya untuk mendapatkan akreditasi internasional dan dapat mengglobal, agar bisa memenuhi tuntutan capaian lulusan, baik dari dunia usaha dan industri di dalam dan di luar negeri, lembaga pemerintah bahkan lembaga internasional,” kata Waki rektor I Universitas Pancasila Sri Widyastuti dalam keterangan tertulisnya.

Salah satu kerja sama yang dilakukan Universitas PAncasila ialah dengan menggandeng Universitas Esa Unggul untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan yang berdampak positif bagi Tridarma Perguruan Tinggi, baik untuk pendidikan dan pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Dalam acara  penandatanganan MOU antara Universitas Pancasila dan Universitas Esa Unggul dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kerjasama Universitas Esa Unggul, Endah Mutiara Sari serta para Wakil Rektor Universitas Pancasila Bidang Akademik Sri Widyastuti. (RO/OL-7)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *