Uni Eropa bakal Terapkan Sertifikat Vaksinasi pada Juni

oleh

UNI Eropa (UE) direncanakan mulai menguji sistem sertifikat vaksinasi covid-19 pada awal Mei dengan tujuan menerapkan penuh pada 30 Juni, kata pejabat UE.

Mayoritas anggota Parlemen Eropa pada Kamis (29/4), mendukung rencana sertifikat vaksin tersebut guna memfasilitasi pergerakan seorang individu dari satu negara anggota ke negara UE lainnya

Baca juga: Nelayan Korsel Desak Jepang Tak Buang Limbah Air Nuklir ke Laut

Negara-negara anggota UE harus mengembangkan aplikasi nasional mereka sendiri untuk memverifikasi sertifikat vaksin, berdasarkan standar teknis yang disepakati oleh para ahli dari negara-negara UE tersebut.

Aplikasi tersebut kemudian akan terhubung dengan negara UE yang sudah membuka perbatasan dan memverifikasi sertifikat itu.

Pengujian sistem tersebut akan melibatkan berbagai negara, seperti Prancis, Belanda, Jerman, Kroasia, dan lainnya pada 10 Mei dan akan diikuti dengan pengujian putaran kedua.

Sertifikat vaksin berupa digital di negara UE itu harus beroperasi penuh pada 30 Juni, kata para pejabat dilansir Bloomberg.

Pejabat UE juga mengatakan tidak akan sulit secara teknis untuk mengintegrasikan sertifikat negara di luar bagian wilayah negara itu dengan membutuhkan kepastian hukum.

Jika Amerika Serikat atau negara lain mencapai kesepakatan dengan UE, maka penerapan sertifikat vaksin dapat dimuat ke dalam sistem dan diberikan ke semua aplikasi yang digunakan untuk memverifikasi sertifikat, tambah para pejabat UE. (Bloomberg/OL-6)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *