Transportasi LRT Akan Dikembangkan Di Kota Medan

oleh

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) akan mengembangkan angkutan massal jenis Light Rail Transit (LRT) di Kota Medan, Sumatera Utara dengan pembiayaan dari World Bank. Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution menerangkan, saat ini Kemenhub sedang memersiapkan pengembangan LRT.

“World Bank (Bank Dunia) memilih Medan sebagai satu pilihan daerah untuk dikembangkan,” ungkapnya, Rabu (2/6).

Menurut Bobby, rencana itu harus melalui berbagai tahap dan disesuaikan dengan jalur kereta yang ada. Namun saat ini sudah tahap finalisasi. Operasional LRT itu nantinya akan saling melengkapi dengan moda kereta api.

Lebih jauh dia menuturkan, angkutan massal menjadi pilihan terbaik untuk dikembangkan di Kota Medan termasuk moda transportasi yang menggunakan rel. Itu alasan mengapa pemerintah membangun jalur kereta api dua trek yang melintasi Medan. Dan direncanakan akan ditambah menjadi enam trek. Nantinya akan ada jalur yang menuju Binjai dan Belawan sehingga masyarakat dari dua wilayah itu bisa langsung menuju Bandara Kualanamu.

“Dengan begitu kereta api akan menjadi pilihan masyarakat, khususnya di Medan, Binjai dan Deliserdang (Mebidang), untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain,” jelasnya.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumut mencatat rerata pertambahan penduduk di provinsinya mencapai 0,3% dan saat ini populasi Sumut sudah sekitar 15 juta jiwa. Sebanyak 5,6 juta di antaranya adalah penduduk di empat dari 33 kabupaten/kota di Sumut. Yakni Medan, Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro). (OL-15)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *