TransJakarta Terhenti di Perlintasan, KRL Mengerem

oleh

BUS TransJakarta terhenti di tengah perlintasan rel kereta yang berlokasi di antara Stasiun Sudirman dengan Stasiun Manggarai pada Senin (31/5) sore. Rekaman video bus yang tiba-tiba mengalami mati mesin itu viral di media sosial. Para penumpang sempat diminta untuk turun guna menyelamatkan diri dari kejadian tabrakan dengan KRL Jabodetabek yang hendak melintas. 

Namun, kejadian tabrakan berhasil dihindari karena masinis KRL terlebih dulu dapat menghentikan laju kereta karena telah melihat keberadaan bus dari jarak jauh.

“Masinis KRL yang akan melewati perlintasan tersebut dapat melihat adanya kendaraan yang masih berada di perlintasan dari jarak yang cukup, sehingga dapat menghentikan KRL dan memberi kesempatan kendaraan untuk bergerak dari perlintasan hingga situasi aman,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, Rabu (2/6).

KRL kemudian melewati lokasi dengan aman dan lancar. Perjalanan kereta-kereta selanjutnya yang melintas di lokasi juga berjalan lancar dan aman, tidak terpantau ada kendala perjalanan dan operasional KRL pada jalur tersebut.

“KAI Commuter mengimbau seluruh pengguna kendaraan bermotor yang akan melewati perlintasan kereta untuk sentiasa berhati-hati, pastikan sirene suara belum berbunyi dan palang pintu belum hendak menutup. Selalu prioritaskan keselamatan bersama dan utamakan perjalanan kereta api yang akan melintas di lokasi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang no 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian,” ujarnya.

Baca juga: Ini Kronologi Bus Transjakarta yang Terhenti di Perlintasan Kereta

Sebelumnya, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo memastikan bus yang berhenti di perlintasan Halimun, Jakarta Pusat, itu bukan disebabkan kerusakan. 

“Insiden ini dipastikan bukan karena adanya kerusakan pada bus. Investigasi sedang dilakukan untuk mencari penyebabnya,” kata Sardjono dalam keterangannya, Selasa (1/6).

Hingga saat ini, PT Transjakarta masih menyelidiki lebih lanjut penyebab bus terhenti. 

“Atas kejadian ini, Transjakarta melalui tim operasional dan tim teknik akan melakukan investigasi lebih lanjut. Penyebab kejadian saat ini tengah diselidiki oleh pihak terkait. Pramudi yang bertugas saat itu juga turut diberikan sanksi,” ucap Sardjono.(OL-5)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *