Tolak Ikut Babak Kualifikasi, Bekele Terancam Absen di Olimpiade

oleh

PELARI legendaris Kenenisa Bekele terancam absen di Olimpiade Tokyo setelah memutuskan tidak ambil bagian dalam balapan kualifikasi untuk tim Ethiopia, Sabtu (1/5).

Pelari berusia 28 tahun itu memutuskan absen dalam lomba lari sejak 35 kilometer yang digelar di dekat Addis Ababa, yang kemudian dimenangkan oleh juara Maraton London 2020 Shura Kitata dengan catatan waktu 1 jam, 45 menit, dan 55 detik.

Juara dunia Lelisa Desisa tertinggal 20 detik menduduki posisi kedua disusul Sisay Lemma di posisi ketiga.

Baca juga: Atlet Kanada akan Divaksin Sebelum Tampil di Olimpiade Tokyo

Setiap negara bisa mencalonkan tiga pelari untuk tampil di nomor maraton Olimpiade.

Bekele merupakan pemenang tiga medali emas Olimpiade di nomor 10 ribu meter pada 2004 serta 5 ribu dan 10 ribu meter pada 2008.

Dia juga membukukan catatan waktu terbaik kedua sepanjang massa di nomor maraton yaitu 2:01:41 saat menjadi juara Maraton Berlin 2019.

“Bekele menolak bertanding karena udaranya dingin, lomba digelar di ketinggian 2.356 meter di atas permukaan laut, dan hanya berjarak 35 kilometer,” ujar agen Bekele, Jos Hermens.

“Kondisi itu tidak ideal untuknya, berbeda dengan yang ada di Tokyo nanti.”

“Tim terbaik adalah yang melibatkan Kenenisa Bekele. Dia siap dan kondisi puncak,” lanjutnya.

Meski Bekele tidak tampil di balapan kualifikasi, Federasi Atletik Ethiopia masih bisa masukkan nama Bekele dalam tim jika ingin melihat duel yang dinanti antara Bekele dengan juara bertahan dan pemegang rekor dunia maraton asal Kenya Eliud Kipchoge. (AFP/OL-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *