Tiongkok Undang Warga Taiwan Datang untuk Vaksinasi Covid-19

oleh

PEMERINTAH Tiongkok hari ini atau Jumat (11/6) mengatakan bahwa mereka menyambut warga Taiwan untuk datang dan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan meminta Taiwan untuk menghilangkan hambatan dan mengizinkan rakyatnya untuk menerima suntikan Tiongkok yang sangat efektif.

Tiongkok mengklaim secara demokratis memerintah Taiwan sebagai wilayahnya sendiri dan telah berulang kali menawarkan untuk mengirim vaksin ke pulau itu, yang sedang memerangi lonjakan infeksi domestik tetapi telah menyatakan kekhawatiran tentang keamanan suntikan Tiongkok dan belum mengizinkannya untuk digunakan.

Dalam sebuah pernyataan, Kantor Urusan Taiwan Tiongkok mengatakan dua vaksin buatan Tiongkok telah diberikan otorisasi penggunaan darurat oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan suntikannya digunakan atau disetujui oleh lebih dari 90 negara, yang menunjukkan keamanan dan kemanjurannya.

Orang Taiwan dapat datang ke Tiongkok untuk mendapatkan vaksinasi covid-19, asalkan mereka benar-benar mematuhi langkah-langkah pengendalian pandemi di Tiongkok, kata kantor itu.

Sekitar 62.000 orang Taiwan telah divaksinasi di Tiongkok pada 31 Mei, tambahnya, meskipun banyak orang Taiwan sudah tinggal dan bekerja di sana.

Hanya 3% dari 23,5 juta orang Taiwan yang menerima setidaknya satu suntikan Covid-19, meskipun jutaan dosis sedang dipesan. Jepang menyumbangkan 1,24 juta suntikan AstraZeneca Plc minggu lalu dan Amerika Serikat telah menjanjikan 750.000 dosis, yang belum tiba.

Namun, tawaran Tiongkok sepertinya tidak menarik bagi banyak orang Taiwan. Sebuah jajak pendapat oleh National Chengchi University Taipei bulan lalu menunjukkan kebanyakan orang tidak akan mau mendapatkan vaksin Tiongkok.

Sementara itu, data terakhir di Tiongkok tercatat 91.337 kasus, sembuh 86.285 orang,, dan  meninggal 4.636 orang. Sedangkan di Taiwan, 12.222 kasus, sembuh 1.133, dan meninggal 361 orang.  (Malay Mail/Nur/OL-09)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *