Tiongkok Klaim Penerbangan Pesawat Militer Latihan Rutin

oleh

TIONGKOK mengklaim bahwa penerbangan 16 pesawat militer di atas perairan lepas pantai Malaysia merupakan latihan rutin. Hal itu ditekankan otoritas Tiongkok, setelah Malaysia menuduh Beijing melanggar kedaulatannya.

Malaysia mengerahkan jet tempur pada Senin (1/6) kemarin, untuk mencegat pesawat angkut Angkatan Udara Tiongkok yang muncul di lepas pantai Kalimantan di atas Laut China Selatan. Tepatnya di mana Malaysia memiliki klaim teritorial yang tumpang tindih dengan Tiongkok.

Menteri Luar Negeri Malaysia pun mengkritik penerbangan itu sebagai “penyusupan”. Serta, menyebut pemerintahnya siap mengajukan protes ke otoritas Tiongkok dan memanggil duta besar Negeri Tirai Bambu.

Baca juga: Malaysia Protes Pesawat Tiongkok Menyusup Wilayah Udaranya

Namun, Juru Bicara Kedutaan Besar Tiongkok di Kuala Lumpur menjelaskan aktivitas tersebut merupakan pelatihan penerbangan rutin Angkatan Udara Tiongkok. Dalam hal ini, tidak menargetkan negara mana pun.

“Menurut hukum internasional yang relevan, pesawat militer Tiongkok memiliki kebebasan terbang di wilayah udara yang relevan,” bunyi penjelasan Kedubes Tiongkok.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara tersebut mengatakan bahwa sejumlah pesawat militer Tiongkok belum memasuki wilayah udara teritorial negara lain.(AFP/OL-11)

 

 

 

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *