Sumut Tambah Ratusan Kamar Isolasi Pasien Korona

oleh

SATGAS Penanganan Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) menambah 320 kamar isolasi untuk perawatan pasien korona yang tersebar di tiga rumah sakit. Adapun dua dari tiga rumah sakit tersebut berada di Kota Medan dan satu lainnya di Kabupaten Langkat.

“Untuk mengantisipasi kekurangan kamar pasien Covid-19 di Sumut kita menambah 320 kamar isolasi,” ungkap Ketua Satgas Covid-19 Sumut Edy Rahmayadi, Jumat (4/6).

Dari jumlah penambahan itu, kata dia, sebanyak 120 kamar di antaranya akan berada di RS Martha Friska, Jalan Multatuli, Medan. Sebanyak 100 kamar lainnya akan bertempat di RS Martha Friska 2 di Jalan Yos Sudarso, Medan. Sedangkan sisanya atau 100 kamar lagi, berada di salah satu RS di Langkat.

Pada 4 Mei 2021, Satgas Sumut sempat menghentikan kontrak RS Martha Friska Multatuli sebagai RS Rujukan Covid-19. Namun setelah mempertimbangkan kebutuhan penanganan kasus yang meningkat, kontrak dengan rumah sakit tersebut kembali dijalin.

Dengan telah dijalinnya kembali kontrak, rumah sakit itu pun akan mendapatkan lagi bantuan pembiayaan operasional berupa stimulus kesehatan. Termasuk dukungan alat-alat medis dan obat-obatan.

Direktur RS Martha Friska Fransiscus Ginting mengungkapkan rumah sakitnya memiliki kapasitas untuk merawat hingga 200 pasien. Untuk menjalankan fungsinya sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19, Martha Friska akan mengoptimalkan 12 unit ICU. Pihak rumah sakit juga akan menambah mobile PCR sehingga mampu melakukan pemeriksaan sebanyak 200 sampel per hari. (OL-15)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *