Sukabumi Diguncang Gempa 5,6 SR

oleh

GEMPA berkekuatan 5,6 SR mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (27/4) sore.

Pusat gempa terjadi di 103 km barat daya Kabupaten Sukabumi, dengan titik 7.86 LS-106.87 BT dan kedalaman 14 km. Gempa itu dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

“Getaran gempa dirasakan warga Kota Tasikmalaya. Paling lama 2-3 detik. Mereka berupaya keluar rumah, kantor dan rumah sakit. Berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri,” ujar Denden, warga Kota Tasikmalaya, Selasa (27/4).

Baca juga: Gempa Nias Dipicu Patahan di Luar Zona Subduksi

Menurutnya, guncangan gempa terasa hingga wilayah Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Banjar, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Bandung. Namun, sejauh ini belum ada laporan kerusakan rumah. Pihaknya pun masih berupaya menghubungi para kerabat.

“Warga Tasikmalaya sekarang ini masih waspada. Untuk kejadian ini, belum ada laporan kerusakan rumah. Tapi, banyak warga yang keluar dari rumah, setelah ada getaran seperti goyangan lampu,” imbuhnya.

Baca juga: Presiden Ingatkan Pentingnya Siaga Bencana

Petugas operator pelabuhan Perikanan Cikidang Pangandaran Massen Sutartono menyebut gempa berkekuatan 5,6 SR mengakibatkan banyak warga panik terhadap potensi tsunami. Sejauh ini, pihaknya juga belum menerima laporan dampak kerusakan.

“Kami bersama petugas dari BPBD, TNI, Polri, Tagana dan relawan masih mendata rumah yang terdampak. Tapi, sampai saat ini belum menerima laporan adanya kerusakan rumah. Warga Pangandaran masih tetap waspada, setelah mereka merasakan getaran yang sangat kuat,” jelas Massen.(OL-11)

 

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *