Selain Ayam Betutu, Makanan Khas Bali Ini Siap Menggoyang Lidahmu 

oleh

PULAU Bali memang tempat wisata terpopuler, baik di Indonesia maupun di mancanegara. Tak hanya terkenal dengan panorama yang indah, ternyata makanan dari Pulau Dewata ini juga siap menggoyangkan lidah Anda bagi yang belum pernah mencicipinya. 

Salah satu yang populer misalnya ialah ayam betutu. Masih banyak lagi kuliner yang wajib Anda nikmati ketika pergi liburan ke Bali

1.Sate Lilit

Yang pertama ada Sate Lilit. Berbeda dari sate lainnya yang biasa potongan dagingnya ditusuk, tapi sate khas Bali ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan, dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Daging yang digunakan daging ayam, atau bisa juga ikan tenggiri.

2. Nasi Jenggo

Makanan kedua ialah Nasi Jenggo. Sajian nasi ini dibalut dengan daun pisang. Konon makanan ini tercipta ketika krisis moneter pada 1997.Pada saat itu hidangan nasi ini dijual dengan harga Rp 1.500. Nominal 1.500 dalam bahasa Hokkien disebut jeng go.

Baca juga : Cara Membuat Donat Empuk, Enak dan Mudah

3. Ayam Betutu

Berikutnya ada Ayam Betutu. Makanan yang bercita rasa pedas dan gurih ini menjadi favorit banyak orang. Hidangan khas Bali ini menggunakan banyak bumbu rempah, diantaranya adalah lengkuas, kunyit, dan kencur.

4. Nasi Tepeng

Lalu ada Nasi Tepeng. Makanan khas dari Gianyar ini disajikan layaknya seperti bubur. Nasi lembek ini dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Ada juga telur dan suwiran daging ayam. 

5. Tum Yam

Kuliner lainnya ada Tum Ayam atau sejenis masakan pepes. Makanan ini terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Campuran dari bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Selain ayam, tum juga bis disajikan dengan daging bebek dan lainnya, (OL-7)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *