Sandiaga: Pariwisata bukan Pemicu Covid-19, Jika Prokes Diterapkan

oleh

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berpendapat aktivitas dalam pariwisata bukan menjadi biang penularan covid-19, jika protokol kesehatan (prokes) diterapkan dengan benar.

“Kami akan tegas dengan penerapan prokes disiplin di tempat wisata. Pariwisata bukan pemicu covid-19,” ujar Sandiaga dalam media briefing secara virtual, Selasa (27/4).

Pembukaan tempat wisata pun menjadi kewenangan pemerintah daerah. “Dalam PPKM skala mikro, ada kegiatan yang dibolehkan tentunya. Ada peran pemda dalam memberi panduan. Sehingga, kita sesuaikan dengan kondisi covid-19,” imbuh Sandiaga.

Baca juga: Mulai 4 Mei, Singapore Airlines Terbang ke Bali Lagi

Selain peran pemda, pengelola tempat wisata juga berkontribusi dalam mencegah penularan covid-19. Terutama, saat menerima kunjungan wisatawan. Prokes berbasis CHSE (cleanliness, health, safety, environment) sudah menjadi keharusan.

“Kalau (tempat wisata) dibuka, kita pastikan panduan prokes harus dipatuhi ketat dan disiplin. Panduan CHSE akan kami serahkan ke masing-masing destinasi wisata,” jelasnya.

Baca juga: Sandiaga Siap Bentuk Tim Pengelola Kawasan TMII

Di satu sisi, pihaknya tengah mengembangkan teknologi yang membantu wisatawan dalam penerapan prokes. Nantinya, ada aplikasi yang mengakomodasi keperluan wisatawan. Mulai dari mendarat di bandara tujuan wisata, hingga kepulangan ke daerah asal.

“Kami bersama K/L terkait tengah menyempurnakan satu aplikasi yang dapat membantu wisatawan dalam penerapan protokol kesehatan end-to-end,” kata Sandiaga.(OL-11)

 

 

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *