Rahasia Gadis: Ruang Curhat para Perempuan

oleh

JERAWAT yang dianggap sepele bisa merupakan persoalan serius bagi sebagian orang. Valencia Nathania, 25, misalnya sampai mengalami stres akibat jerawat karena penggunaan obat kulit dengan bahan berbahaya.

Valen merasa tidak percaya diri ketika melihat beberapa wajah perempuan lainnya di media sosial. Ia pun menceritakan saat dirinya menjadi seorang acne fighter hingga tercetus ide untuk membuat akun Instagram Rahasia Gadis.

Pertemuan Valen dengan Andhikaputri Himawan, 25, dan Adellene Odelia Tanuri, 24, memberi nyawa baru bagi Rahasia Gadis. Akun yang mulanya hanya berisi kisah ringan, bertransformasi menjadi komunitas dan gerakan.

Rahasia Gadis memang awalnya hanya akun Instagram yang saya buat dengan pacar saya untuk berbagi tips mengenai kulit. Tepatnya pada 2014. Di akun tersebut juga ada semacam tips perawatan kulit. Ya, bisa dikatakan awal mulanya iseng saja sih buat Instagram itu dan belum terlalu serius seperti sekarang, sampai akhirnya saya dipertemukan sama Dhika dan Adelle,” kata Valen.

Rahasia Gadis kini mantap sebagai komunitas perempuan muda yang memiliki empati, mempraktikkan self-love, serta mengapresiasi keberagaman yang ada di Indonesia. Komunitas ini terus berkembang hingga saat ini. Akun Instagram Rahasia Gadis kini memiliki kurang lebih 3,2 juta pengikut.

Setiap hari, lebih dari 500 perempuan menceritakan rahasia yang terpendam mereka melalui kanal confession room melalui website dan pesan langsung (direct message-DM). Confession Room ialah tempat curhat para perempuan untuk mencurahkan rahasia mereka dalam platform online. Sejauh ini, sekitar lebih dari 40 ribu perempuan telah membuat pengakuannya.

“Ini menjadi tempat komunitas gadis kita saling mendukung satu sama lain dan memberikan inspirasi dari cerita mereka. Lalu ada motivasi, yang berisi konten inspiratif dan edukatif tentang topik atau pertanyaan yang sering muncul dalam confession room,” cerita Adelle. Selain itu mereka membuat pula kuis personal, atau fun fact tentang kesehatan mental, horoskop, dan juga interaksi dengan para persona rahasia gadis.

Pada masa pandemi covid-19, semakin banyak anakanak perempuan yang curhat di Confession Room atau Ruang Pengakuan di situs mereka. Dari data yang dihimpun Rahasia Gadis, sekitar 30-40% perempuan mengalami depresi dan sekitar 11-12% mempunyai keinginan untuk bunuh diri. Beberapa permasalahan yang muncul ialah dari keluarga, keinginan untuk bunuh diri, bahkan hingga mengalami kekerasan seksual.

Demi memberikan bantuan yang lebih baik, Rahasia Gadis bekerja sama dengan psikolog Universitas Indonesia (UI) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan soal psikologi. Semenjak Januari 2021 mereka juga menyediakan konseling gratis. “Baru 3-4 bulan dibuka sudah ada sekitar 100 pasien atau orang yang daftar,” jelas Dhika. (Jek/M-1)

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *