Puan Minta Pemerintah Maksimalkan Anggaran Pendidikan

oleh

KETUA DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk memaksimalkan anggaran pendidikan dengan baik. Pasalnya, alokasi anggaran di sektor itu sangat besar mencapai Rp549,5 triliun atau sekitar 20% dari APBN.

“Kita ingin alokasi anggaran pendidikan yang besar ini dapat dimaksimalkan untuk pendidikan yang adil dan merata, untuk kesejahteraan tenaga pengajar, untuk terbangunnya infrastruktur pendidikan, untuk ketersediaan alat bantu pendidikan dan berbagai hal yang diperlaukan untuk memajukan pendidikan Indonesia,” ungkapnya dalm webinar MWA UI, Rabu (2/6).

Menurutnya, hal itu merupakan tugas DPR RI dalam mendukung upaya peningkatan SDM berkualitas melalui sektor pendidikan. Mengingat tantangan saat ini sangat besar dan sektor tersebut menjadi kunci bagi bangsa Indonesia untuk bisa mengatasinya dan menjadi bangsa yang maju.

“DPR RI akan terus mendorong pemerintah agar memastikan bahwa penggunaan anggaran pendidikan yang sudah ditetapkan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutur politisi PDIP tersebut.

Baca juga : Serapan Lulusan Perguruan Tinggi ke Dunia Kerja Diakui Rendah

Lebih lanjut, dia mengatakan, pendidikan harus bisa bersumbangsih pada kehidupan bangsa dan kemanusiaan. Lantas, diperlukan fokus serta titik berat pada nation and character building yaitu membangun manusia Indonesia yang berjiwa gotong-royong, cinta tanah air, memiliki rasa percaya diri sebagai bangsa, memahami persoalan-persoalan bangsa, dan memiliki kesanggupan serta kemauan untuk membangun kemajuan bangsa dan negara. 

“Manusia Indonesia yang menghormati nilai luhur budaya bangsa, memahami akar kepribadian bangsa sebagai bangsa yang ramah, toleran, religius dan bergotong-royong,” tambahnya.

Puan menambahkan, dengan pendidikan Indonesia yang kuat dalam nation and character building maka sesungguhnya sedang membangun SDM. Hal itu merupakab salah satu sumber daya terbesar bangsa dengan populasi yang besar. 

“Memang ini yang diperlukan jika kita ingin mengubah masa depan bangsa yang lebih baik yaitu dengan melakukan investasi jangka panjang pada bidang pendidikan, investasi pada pembangunan manusia Indonesia,” tandasnya.(OL-7)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *