Presiden Sebut Megawati Sosok Perjuang Hak Rakyat Kecil

oleh

PRESIDEN Joko Widodo menyampaikan selamat kepada Megawati Soekarnoputri yang baru saja dikukuhkan sebagai profesor kehormatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan strategis Universitas Pertahanan Republik Indonesia.

Menurutnya, keputusan Unhan untuk mengangkat presiden Republik Indonesia ke-5 sebagai guru besar adalah tindakan yang sangat tepat.

Bagi Jokowi, Megawati merupakan sosok yang memiliki keteguhan dan konsistensi dalam memperjuangkan nasib dan hak-hak rakyat kecil.

Putri sang proklamator juga selalu memperjuangkan demokrasi serta menjaga dan kedaulatan negara.

“Sebagai aktivis pejuang demokrasi, Ibu Megawati Soekarnoputri menjadi simbol keberanian untuk memperjuangkan hak-hak politik rakyat. Beliau telah membangkitkan gerakan politik masyarakat bawah. Gerakan politik wong cilik yang memperjuangkan hak-hak politik mereka dan atas dukungan para pejuang demokrasi yang lain, perjuangan tersebut membuahkan reformasi,” jelas Jokowi, Jumat (11/6).

Megawati, sambung presiden, juga memberikan contoh kepada masyarakat bahwa seorang politisi tidak harus berada di dalam pemerintahan.

Baca juga : Kemenristek Dikti Beri Selamat Kepada Profesor Megawati

“Menjadi politisi itu bisa di mana saja, siap di dalam dan siap di luar pemerintahan,” tuturnya.

Jokowi juga menjabarkan kebijakan-kebijakan yang diciptakan Megawati ketika menjadi pemimpin pemerintahan, mulai dari ekonomi kerakyatan, UU sistem jaminan sosial nasional, Perppu dan UU Antiterorisme dan UU KPK.

Semua itu menunjukan bahwa Megawati menguasai karakter kepemimpinan strategis dalam membela kepentingan rakyat, demokrasi, antikorupsi dan memperjuangkan kepentingan-kepentingan nasional lainnya.

“Karakter kepemimpinan seperti ini sangat dibutuhkan oleh setiap pemimpin. Apalagi ketika bangsa dan negara menghadapi tantangan dan hambatan yang berat termasuk ketika negara menghadapi hyper kompetisi global dan pandemi seperti sekarang ini. Ketangguhan kita sebagai negara besar akan selalu diuji dari waktu ke waktu,” ucapnya. (OL-2)

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *