Polri Serahkan Korban Penembakan KKB Papua ke Warga

oleh

POLISI menyerahkan menyerahkan dua jenazah yang menjadi korban dalam kontak senjata kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Kamis (4/6) kepada warga setempat.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudusy mengatakan pihaknya telah mengevakuasi jenazah korban. Setelah itu, barulah pihaknya menyerahkan jenazah korban kepada masyarakat setempat untuk dilakukan upacara adat dan dibakar.

“Diserahkan Kapolres ke warga dan dibakar. Sudah dibakar oleh masyarakat di kampung, itu tradisi mereka,” ucap Iqbal, Senin (7/6).

Iqbal mengklaim bahwa pihak kepolisian pun telah melakukan proses visum et repertum untuk membantu penyelidikan dalam perkara ini.

Namun, Kepala Desa Nipuralome, Patianus Kogoya tak sempat dievakuasi oleh aparat lantaran jenazah sudah terlanjur dibawa oleh warga.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, korban penembakan KKB ini masih satu keluarga.

“Mereka bertiga (itu) satu keluarga, hanya yang dua sempat di bawa ke Puskesmas baru diserahkan sedangkan yang satu (Patianus Kogoya) langsung diambil warga,” ujar Kamal.

Di sisi lain, kelompok kriminal bersenjata yang menamakan diri Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-Organisasi Papua Merdeka (OPM) menuding aparat TNI/Polri menembak mati satu kepala desa dan satu masyarakat di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak pada Kamis (3/6).

Menanggapi hal itu, Kepala Humas Satgas Operasi Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudusy, membantah pernyataan dari Juru Bicara KKB TPNPB-OPM Sebby Sambom itu.

“Hoaks mereka (soal TNI/Polri tembak warga di Papua),” papar Iqbal saat dikonfirmasi, Jumat (4/6). (OL-8)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *