Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Pasar Tanah Abang

oleh

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan rekayasa lalu lintas itu dilakukan untuk mengatisipasi adanya kepadatan pengunjung.

“Kita lakukan rekayasa penutupan dan pengalihan arus di Kawasan Tanah Abang,” kata Sambodo, dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5).

Sambodo mengatakan sejumlah titik jalan akan ditutup jika adanya kepadatan mengarah ke Pasar Tanah Abang. “Titik-titik yg ditutup antara lain, Bongkaran, Petamburan arah Tanah Abang, Layang Jatibaru, Tanah Abang Blok G,” kata Sambodo.

Sambodo mengatakan pengalihan dan penutupan lalu lintas di Pasar Tanah Abang akan dilakukan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kebijakan rekayasa lalin di Tanah Abang dilakukan sampai menjelang Lebaran. Buka tutup nantinya melihat kepadatan lalu lintas,” pungkasnya.

Kerumunan pengunjung Pasar Tanah Abang sempat menjadi sorotan di tengah pandemi covid-19. Pengunjung yang membeli pakaian untuk kebutuhan Hari Lebaran tampak berjubel dan berdesak-desakan. Selain itu, jalan di sekitar Pasar Tanah Abang juga macet, karena ramainya pengunjung, pedagang yang berjualan di luar pasar, dan parkir kendaraan di pinggir jalan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut terdapat 100 ribu orang memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/4). Anies menyebut kenaikan pengunjung mulai terlihat sejak Sabtu (2/4) kemarin dengan 87 ribu orang. Jumlah ini meningkat drastis pada hari sebelumnya dengan 35 ribu pengunjung.

baca juga: Tanah Abang

Personel gabungan lalu menertibkan pedagang yang tumpah ruah ke jalan. Polisi juga memperketat penjagaan di luar dan di dalam pasar.

“[Blok] A, B, F, G itu lima tapi satu plotting ABFG sama Pasar Grosir di atas. Personel ada di setiap pintu masuk ada 17 pintu masuk itu akan ada pengamanan dari tiga pilar. Untuk mengecek prokes suhu dan penggunaan masker dengan benar karena kita lihat kadang dia pakai masker cuma tidak benar makainya,” kata Kapolsek Tanah Abang AKBP Singgih Hermawan.(OL-3)

 

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *