Pemerintah Soroti Lonjakan Kasus Aktif di Kudus

oleh

KENAIKAN kasus aktif covid-19 di Kudus, Jawa Tengah, menjadi perhatian utama pemerintah. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, saat ini, terdapat 1.198 kasus aktif di daerah tersebut. Dari jumlah itu, sebanyak 276 orang dirawat di rumah sakit dan 922 terkonfirmasi menjalani isolasi mandiri.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menyiagakan tempat tidur-tempat tidur khusus pasien covid-19 di sekitar Kudus.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pak Gubernur (Ganjar Pranowo) agar pasien-pasien yang yang berasal dari Kudus bisa diarahkan juga ke daerah-daerah di sekitarnya, termasuk ibu kota provinsi di Semarang,” ujar Budi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (31/5).

Selain itu, Kapolri juga telah menindaklanjuti lonjakan kasus dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kudus. “Kita berharap apa yang terjadi di Kudus bisa diisolasi di sana dan tidak menyebar ke daerah-daerah lain di Jawa Tengah,” ucapnya.

Saat ini, Kementerian Kesehatan juga tengah mengidentifikasi sampel dari para pasien guna mengetahui apakah virus yang menyebar di daerah tersebut merupakan varian baru akibat mutasi. “Kita ingin memastikan apakah lonjakan yang ada di Kudus ini disebabkan mutasi baru,” tandasnya. (OL-15)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *