Pembalap Gokart Muda Indonesia Raih Podium Juara di Italia

oleh

PEMBALAP muda Indonesia, Qarrar firhand Ali tampil trengginas di Italia. Qarrar yang menginjak usia 10 tahun itu menunjukkan kelasnya sebagai pembalap profesional di ajang balap internasional di Italia.  

Penampilan keren itu disuguhkan Qarrar di Kejuraan ROK Cup Italia 2021, di Laghi Internasional Sirkuit, Castelletto di Branduzzo, provinsi Pravia yang digelar Sabtu-Minggu (29-30/5), diikuti 17 peserta dari Italia, Swiss dan Jerman.

Qarrar menempati posisi ke 6 pada sesi QTT alias kualifikasi pada Sabtu pagi pukul 10.30 setempat. 

Pada prefinal race, Minggu siang, pembalap yang akrab disapa Al uty langsung melakukan overtake di lap pertama dan menempati posisi ke 4, lap demi lap Al terus melakukan manuver nya hingga pada lap ke 4 ia menyodok ke posisi ke 4 setelah melalukan overtake atas pebalap Itali Coletto Lorenzo sehingga akhirnya finish di posisi ke 4 pada balap yang berlangsung sebanyak 7 lap ini.

Pada Final race, Minggu sore, Al start dari posisi ke 5 lantaran penyelenggara menggunakan sistem reverse grid untuk line up di Final race, pembalap yang finish di posisi  1 pada pre final race akan start di posisi ke 8 dan seterusnya hingga posisi start pertama ditempati pembalap yang finish di posisi ke 8 pada prefinal race.

Al tampil agresif  sejak bendera start dikibarkan dan sontak menempati posisi ke 3, hingga pada lap pertama Al menempati posisi ke 2.

Baca juga : Jepang Pertimbangkan Penonton Olimpiade Wajib Negatif Covid-19

Pada lap ke 3 terjadi insiden pada pembalap yang berada di belakang Al yaitu pebalap di posisi 3 dan 4 dari Italia saling bersinggungan sehingga mereka keluar dari trek dan menyebabkan bendera kuning dikibarkan.

Balapan tetap berjalan dengan bendera kuning dan Al pun dengan bangga menempati posisi pertama. Tapi, pada lap ke 5 posisinya melorot kembali ke 3, tapi Al kembali merebut posisi ke 1 pada lap ke 6. Posisi pertama ini ia pertahankan hingga finishpada balapan yang berlangsung selama 8 lap di Sirkuit dengan panjang 1,256 km ini. Posisi kedua dan ketiga diisi dua pembalap Italia, Lorenzo Coletto dan Elia Efipanyo. 

Qarrar Firhand Ali pun dinobatkan sebagai juara kelas Mini ROK serie Italia dan itu merupakan kemenangan pertama-nya di Italia sejak Al mulai berlatih dan ikut kejuaraan di Itali sejak awal Mei lalu.

“Senang sekali saya  bisa finis pertama. Saya bermain lepas dan saya sama sekali tak takut dengan lawan-lawan. Alhamdulillah akhirnya bisa meraih hasil ini. Mohon doanya untuk balapan-balapan selanjutnya,” kata Al dalam keterangannya.

Manajer tim, Jimmy Akbar dalam pembicaraan lewat sambungan internasional dengan wartawan, Senin (31/5/2021) dini hari, mengatakan kagun dengan usaha keras Al. 

“Dia bermain tangguh dan anak ini memang cerdas di lintasan. Selalu tampil berani. . Alhamdulilah bisa podium 1. Ini kebanggaan tersendiri bagi Al dan kami semua di tim Intrepid Driver Program,” kata Jimmy.  Al akan kembali turun pada balapan serie Nasional Italia di Sirkuit Siena pada 5-6 Juni 2021. (RO/OL-7)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *