Pancasila dalam Tindakan untuk Indonesia Bersatu

oleh

SEKRETARIS Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Andap Budhi Revianto mengajak seluruh anak bangsa, khususnya para insan pengayoman, untuk dapat memaknai kembali esensi Hari Kelahiran Pancasila.

Menurut Andap, esensi tersebut harus dapat ditunjukkan dengan langkah dan implementasi secara nyata demi mewujudkan persatuan Indonesia.

“Tunjukkanlah bahwa kita adalah anak bangsa yang kuat, tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan, serta mampu memanfaatkan kesulitan-kesulitan yang ada menjadi lompatan kemajuan,” kata Andap pada Peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6) pagi.

Baca juga: Masyarakat Diminta Naikkan Bendera di Hari Lahir Pancasila

Andap berharap seluruh komponen bangsa dapat selalu bersatu dan memperkokoh persatuan Indonesia, serta saling peduli dan selalu berbagi untuk sesama, demi kemajuan tanah air tercinta.

“Pada akhirnya, diharapkan kita dapat mewujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat memenangkan masa depannya,” kata Andap. “Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.”

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini bertemakan “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”. Tema tersebut dinilai relevan dengan situasi dan kondisi saat ini, saat nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila mulai terhancurkan sedikit demi sedikit.

Refleksi terhadap Hari Lahir Pancasila akan menumbuhkan pembelajaran dan kearifan, sebagaimana yang telah diberikan oleh para pendiri bangsa (founding fathers).

Refleksi ini menjadi semakin penting tatkala masifnya budaya luar yang masuk ke Indonesia belakangan ini, yang menimbulkan kerentanan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. (RO/OL-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *