Mustahik Binaan BAZNAS di Bantargebang Memproduksi Deterjen Cair

oleh

KELOMPOK Usaha Bersama (KUB) Al-Falah binaan Lembaga Zakat Community Development BAZNAS yang terbentuk di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, melakukan pengemasan detergen cair hasil produksi pada 21 Mei lalu. 

Pengemasan deterjen 20 liter, menghasilkan sebanyak 45 botol dan akan dijual dengan harga Rp10.000 per botol.

Proses pengemasan itu turut didampingi Sahabat ZCD, dan diikuti empat dari enam orang anggota kelompok. Di antaranya Riyanto, Tarjono, Nina, dan Ernawati.

Untuk pemasaran produk, masih dilakukan dengan cara dititipkan ke warung-warung di sekitar Kampung Zakat Sumur Batu. Namun ada beberapa kendala yang harus dihadapi. Yakni terkait nama produk yang belum disepakati dan kemasan yang masih terlihat polos. Meski begitu, hal itu akan dicari solusi bersama untuk kemudahan dalam memasarkan.

Baca Juga: Rumah Sehat BAZNAS Palu Gelar Khitanan Massal

KUB yang dibentuk pada 2021 ini didirikan di PKBM Al-Falah Sumur Batu, merupakan tempat pendidikan nonformal warga dhuafa di lingkungan Tempat Pembuangan Sampah terakhir (TPST) Bantargebang.

Dari seluruh anggota KUB, hampir keseluruhan aktivitas perekonomian utama mereka adalah pemulung dan buruh las. Sehingga, dengan adanya Kelompok Usaha Bersama ini, diharapkan bisa menambah perekonomian keluarga dan menjadi sarana untuk meningkatkan taraf hidup warga Kampung Zakat Sumur Batu. (RO/OL-10)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *