Melbourne Perpanjang Lockdown Selama Sepekan

oleh

LOCKDOWN covid-19 di Melbourne, kota terbesar kedua di Australia, diperpanjang selama tujuh hari ke depan. Hal itu diumumkan pada Rabu (2/6) saat otoritas berusaha mengenyahkan kluster covid-19.

Sebanyak 5 juta penduduki Melbourne seharusnya terbebas dari lockdown selama tujuh hari pada Kamis (3/6) tengah malam namun harus kembali tetap di rumah karena masih menyebarnya covid-19.

“Kita harus benar-benar menumpas kluster ini. Jika tidak, akan ada orang yang twas,” ujar penjabat Premier Victoria James Merlino sembari menambahkan varian virus kali ini lebih cepat dan lebih menular dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Jepang akan Beri Tambahan Sumbangan US$800 Juta untuk Covax

Kluster kali ini diyakini berawal dari pelancong yang tertular varian covid-19 Kappa, yang berasal dari India, kembali ke Australia.

Ribuan kontak erat telah diidentifikasi dan daftar venue yang dikunjungi 60 pasien covid-19 telah naik menjadi sekitar 350.

Australia tetap menutup perbatasan internasional mereka, dengan pengecualian untuk Selandia Baru, dan pemerintah dengan cepat memberlakukan pembatasan setiap kali ada kasus covid-19 terdeteksi.

Namun, ledakan kasus di Taiwan dan Jepang menggarisbawahi bahwa kesuksesan menekan angka kasus covid-19 bisa buyar tanpa kampanye vaksinasi yang masif. Saat ini, baru 2% warga Australia yang telah divaksin covid-19.

Pemerintah Australia dikritik karena lambatnya kampanye vaksinasi covid-19. (AFP/OL-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *