Masih Muda dan Enerjik, Roy Kini Resmi Jabat Sekda Kalsel

oleh

GENAP usia 40 tahun, Ir.Roy Rizali Anwar ST, MT, kini resmi menjabat Sekda Provinsi Kalsel. Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA melantik pria kelahiran Barito Selatan ini sebagai Sekda definitif Kalsel berdasar SK Presiden RI Jokowi, Senin (3/5) siang di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Pelantikan Roy bersamaan dengan dilantiknya Kepala Kantor regional BKN wilayah VIII Banjarmasin. Menggunakan setelan jas lengkap, Roy mengikuti prosesi pelantikan yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Usai pelantikan, Safrizal mengatakan pelantikan Roy sesuai dengan mekanisme yang berlaku sesuai standar aturan yang ada. 

“Pelantikan hari ini Alhamdulillah berlangsung lancar, pelantikan Sekda berdasar SK Presiden setelah melalui proses mekanisme sesuai aturan yang ada,” katanya.

Jabatan Sekda adalah  jabatan birokrasi tertinggi di lingkup pemerintahan daerah. 

“Kini Pemprov Kalsel punya pemimpin yang masih muda dan enerjik, mudah-Mudahan dengan dilantiknya Sekda baru Pemprov dapat mencapai cita-cita pelayanan publik terdepan kepada masyarakat,” harap Safrizal.

Ia meminta Roy agar segera bekerja full speed dengan memprioritaskan penanganan Covid 19, penanganan pasca bencana serta pemulihan ekonomi. 

“Sekda diharapkan akan menjadi koordinator, motivator dan bertugas melakukan evaluasi terhadap kinerja SKPD di lingkup Pemprov Kalsel,” kata Safrizal.

Sementara Roy usai dilantik mengatakan ke depan siap bekerja cepat dalam melaksanakan prioritas kerja yang telah digariskan oleh Pj Gubernur Kalsel.

 “Kita akan berupaya maksimal melaksanakan penanganan prioritas seperti apa yang disampaikan Pj Gubernur, mohon dukungan semua pihak termasuk rekan media semoga kita dapat melaksanakan amanah yang diberikan ini,” ucap Roy.

Sebelum dilantik sebagai Sekdaprov Kalsel, Roy adalah Kadis PUPR Kalsel yang kemudian menjadi Pj Sekdaprov Kalsel sejak 20 Oktober 2020 setelah Sekda Haris Makkie mengundurkan diri.

Ia juga sempat ditunjuk sebagai Plt Kepala BPBD Kalsel oleh gubernur era Sahbirin Noor selama beberapa bulan dan terlibat aktif dalam penanganan Covid-19.

Sebelum berkarier di Pemprov Kalsel, Roy juga diketahui sempat menjadi Kadis PUPR Kabupaten Tanah Bumbu.

Sosoknya dikenal enerjik dan tipe pekerja. Tak banyak bicara namun membuktikan dengan menuntaskan berbagai pekerjaan yang diemban.

Hal ini dapat dilihat dalam kinerjanya sebagai Kepala Dinas PUPR. Proyek vital pembangunan jalan dan jembatan di era Kepemimpinan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berhasil dituntaskan.

Keilmuannya di bidang teknik sipil berhasil membawa prestasi kerja mumpuni jajaran Dinas PUPR Kalsel.

Salah satu pekerjaan dituntaskan adalah pembukaan jalan bebas hambatan sepanjang 160 kilometer antara Awang Bangkal Kabupaten Banjar dan Jl Kodeco KM 58 Kecamatan Mantewe Tanah Bumbu. 

Roy saat ini juga menyandang gelar profesi Insinyur Profesional Utama (IPU). Ia juga sosok pejabat teliti dalam menelaah dan memberikan disposisi setiap berkas dari SKPD yangg masuk.

Ia tidak akan pulang kantor sebelum menyelesaikan pekerjaan administrasi maupun kendala dalam melaksanakan tugas sebagai  penjabat sekda.  (RO/OL-09)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *