Lembaga asal Norwegia Bantu Pelatihan Hydro Power

oleh

SEBANYAK  43 tenaga profesional Indonesia mengikuti program peningkatan kapasitas dan pelatihan untuk energi air (Waterways Management) di International Center for Hydro Power (ICH) dari Norwegia. 

Program ini berhasil dilaksanakan atas kerja sama Kedutaan Besar RI di Oslo dengan International Center for Hydro Power yang didukung oleh Tamaris Hydro and Universitas Bung Hatta.

Pada pembukaan pelatihan pada Rabu (2/6) lalu, Duta Besar RI untuk Norwegia di Oslo, Todung Mulya Lubis menyatakan pelatihan ini adalah bagian dari usaha Indonesia untuk mempersiapkan tenaga kerja dan profesional bangsa dalam proses transformasi energi baru di Indonesia. Hal ini terutama dengan target Indonesia untuk mencapai penggunaan 25% energi terbarukan pada 2025.

Pelatihan dengan ICH ini dilakukan karena Norwegia adalah salah satu negara terbaik dalam pengelolaan pembangkit listrik tenaga air dengan hampir 98% dari pasokan listrik di Norwegia dihasilkan dari tenaga air. 

“Para peserta harus dapat mengambil manfaat semaksimal mungkin untuk dapat belajar secara maksimal dari para tenaga ahli Norwegia” tekan Dubes Mulya Lubis.

Pembukaan tersebut juga dihadiri Dubes Norwegia, Vegard Kaale di Jakarta yang juga menyambut baik penyelenggaraan pelatihan tersebut. “Pelatihan ini merupakan salah satu wujud kerjasama baik hubungan kedua negara yang telah berlangsung lebih dari 70 tahun” ujar Dubes

Vegard. Indonesia dan Norwegia juga menyambut baik rencana implementasi Indonesia – EFTA CEPA yang telah diratifikasi oleh DPR Indonesia pada bulan Maret 2021.

Program pelatihan berlangsung dalam dua tahap yaitu secara online dari  2-3 Juni 2021 dan juga diharapkan secara langsung pada akhir 2021 di Padang, Sumatera Barat.

Program pelatihan diikuti oleh tenaga profesional dari berbagai instansi dan pihak terkait di Indonesia seperti Kementerian ESDM, PLN, Tamaris Hydro dan Universitas Bung Hatta.  Pada pelatihan ini, para peserta akan mendalami teknis pengelolaan tenaga air seperti

operasional, maintenance dan komponen pembangkit listrik tenaga air serta teori dan teknis mengenai pasokan air dan penanganan sedimentasi. (RO/E-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *