KSP: Pembatalan Haji Bukan Karena Kalah Lobi

oleh

TENAGA Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden Rumadi Ahmad menegaskan bahwa keputusan pembatalan ibadah haji 2021 tidak ada kaitannya dengan kuat atau lemahnya lobi pemerintah Indonesia terhadap Arab Saudi.

“Pembatalan ibadah haji tidak ada kaitannya dengan kuat lemahnya lobi pemerintah. Selama ini hubungan Arab Saudi dan Indonesia sangat baik,” ujar Rumadi kepada wartawan, Jumat (4/6).

Ia juga membantah isu yang menyebutkan bahwa Indonesia tidak diberikan kuota haji lantaran belum membayar utang kepada pemerintah Negeri Petro Dollar tersebut.

Arab Saudi, lanjut dia, sudah mengeluarkan keputusan resmi tentang kuota untuk berbagai negara.

Baca juga: Dirjen PHU : Masyarakat Diimbau Tidak Terprovokasi Sosmed

“Ini lebih tidak benar lagi. Hal ini sama sekali tidak benar. Masyrakat jangan terkecoh berita-berita tidak berdasar,” ucapnya.

Rumadi menjelaskan alasan utama pemerintah membatalkan pemberangkatan haji adalah demi menjaga keselamatan warga negara Indonesia. Pandemi covid-19 yang belum kunjung usai merupakan pertimbangan utama.

“Keputusan untuk meniadakan ibadah haji 2021 merupakan pilihan terbaik yang bisa diambil pemerintah Indonesia meskipun tentu saja mengecewakan masyarakat, terutama calon jamaah haji,” papar Rumadi.

Ia pun berharap masyarakat dapat menerima dan memahami keputusan sulit tersebut.

“Kekecewaan itu hal yang wajar dan sangat bisa dipahami karena ini tahun kedua pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji. Tapi saya yakin, masyarakat bisa memahami situasi sulit ini,” tandasnya.(OL-4)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *