Klaster Ponpes Muncul di Banjarnegara

oleh

KLASTER pondok pesantren (ponpes) muncul di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng). Dari 100 santri sebuah ponpes yang dites PCR, ada 57 yang positif covid-19. Umumnya mereka hanya mengalami gejala ringan dan tanpa gejala.

“Dari 100 santri yang dites PCR, ada 57 orang yang positif covid-19. Pada umumnya, hanya bergejala ringan dan sebagian lainnya tanpa gejala atau OTG,” jelas Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kamis (10/6).

Dijelaskan Bupati, pihaknya baru mendapat kabar dari RSUD Margono Soekarjo Purwokerto, bahwa dari 100 sampel yang dikirim ke RS, ternyata lebih dari setengahnya positif. “Pemkab Banjarnegara mengambil langkah untuk melakukan karantina untuk santri tanpa gejala. Karantina dilaksanakan selama 14 hari,” katanya.

Selain itu, bagi santri yang mengalami gejala ringan, akan dilakukan pemeriksaan dan pengobatan. “Mereka dirawat dan diobati, supaya segera sembuh dari covid-19,” ujar dia.

Bupati meminta kepada Dinkes, BPBD dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melaksanakan sterilisasi terhadap gedung ponpes yang santrinya positif tersebut. “Kami minta untuk Dinkes, BPBD dan PMI untuk melakukan sterilisasi di ponpes tersebut. Sehingga ponpes bida digunakan secara aman dan nyaman,” jelas Bupati. (OL-15)

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *