Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 Mengalami Lonjakan

oleh

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan jumlah keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) sudah mengalami kenaikam dalam tiga pekan terakhir.

Ia mencatat, pada 18 Mei, secara nasional, ada 22 ribu tempat tidur khusus covid-19 yang terisi. Adapun, pada 7 Juni, angka tersebut sudah melonjak menjadi 31 ribu.

Baca juga: Soal PTM Terbatas, Pemda Diminta Jujur Ungkap Data Covid-19

Kendati terjadi kenaikan, Budi meminta masyarakat tidak khawatir. Pasalnya, Indonesia memiliki total 72 ribu unit tempat tidur covid-19 sehingga masih ada kapasitas 41 ribu tersisa.

“Kita sudah menyadari dan mempersiapkan peningkatan kasus pascaliburan. Alhamdulillah, kami mempersiapkan kondisi terburuk kalau misalnya semua pasien mesti masuk rumah sakit,” tutur mantan direktur utama PT Inalum tersebut, Senin (7/6).

Ia memprediksi kenaikan kasus aktif dan keterisian tempat tidur masih akan terjadi hingga akhir Juni atau awal Juli. Perkiraan tersebut didasarkan pada pengalaman di libur-libur panjang sebelumnya yakni kenaikan kasus aktif bisa terjadi pada 5-7 pekan pascaliburan.

“Jadi perkiraan kita masih akan ada kenaikan kasus sampai akhir bulan ini atau awal bulan depan,” tandasnya. (OL-6)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *