Jepang akan Beri Tambahan Sumbangan US$800 Juta untuk Covax

oleh

PERDANA Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga berencana untuk memberikan tambahan bantuan sebesar US$800 juta untuk program Covax Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyediakan vaksin covid-19 ke negara-negara yang membutuhkan.

Jepang telah menjanjikan US$200 juta atau Rp2,8 triliun untuk Covax, dan negara itu diperkirakan akan mengumumkan sumbangan dosis vaksin untuk program tersebut, lapor surat kabar Mainichi pada Rabu (2/6) tanpa mengutip sumber.

Suga akan menjadi tuan rumah untuk KTT Covax online pada Rabu, yang juga akan dihadiri oleh Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, filantropis Bill Gates, serta perwakilan dari negara-negara Kelompok Tujuh.

“KTT ini dimaksudkan untuk mengisi kesenjangan pendanaan US$1,7 miliar, dan diharapkan negara-negara beserta organisasi akan meningkatkan janji mereka tentang dana dan dosis vaksin,” kata seorang pejabat pemerintah Jepang kepada wartawan, Selasa.

Anggota parlemen Jepang telah mendesak untuk memberikan pasokan vaksin AstraZeneca ke Taiwan, yang menghadapi lonjakan infeksi domestik dan telah memvaksinasi kurang dari 2 persen dari 23,5 juta penduduknya.

Jepang tidak memiliki rencana segera untuk menggunakan dosis AstraZeneca yang dimilikinya dan telah mengamankan cukup pasokan vaksin jenis lain untuk seluruh penduduknya. (Aiw/Straitstimes/OL-09)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *