Israel Tembak Mati Tiga Warga Palestina di Tepi Barat

oleh

TIGA warga Palestina tewas, Kamis (10/6) pagi, oleh pasukan khusus Israel yang sedang dalam misi penangkapan di Tepi Barat utara, kata sumber di kedua belah pihak.

Salah satu warga Palestina yang tewas diduga melakukan serangan penembakan terhadap tentara Israel, kata seorang pejabat keamanan Israel. Dua lainnya ialah anggota pasukan keamanan Otoritas Palestina yang menyaksikan baku tembak awal.

Seorang pejabat keamanan Israel mengatakan kepada AFP bahwa pasukan khusus berada di Jenin berusaha menangkap dua teroris yang telah melakukan serangan penembakan. “Seorang warga Palestina yang melepaskan tembakan ke arah pasukan ditembak mati,” katanya.

Kementerian kesehatan Palestina mengidentifikasi dia sebagai Jamil al-Amuri. Menurut pejabat Israel, setelah insiden awal, warga Palestina di tempat kejadian menembaki pasukan Israel dan selanjutnya dua warga Palestina lain tewas.

Pejabat keamanan Palestina mengidentifikasi keduanya sebagai anggota departemen intelijen militer Otoritas Palestina, Adham Eleiwi dan Taysir Issa. Tidak ada pasukan Israel yang terluka dalam insiden itu, kata pejabat Israel itu kepada AFP.

Seorang pejabat keamanan Israel kedua mengatakan kepada AFP bahwa Amuri merupakan anggota kelompok militan Jihad Islam yang dicurigai melakukan serangkaian serangan penembakan yang menargetkan tentara Israel dalam beberapa bulan terakhir.

Anggota Jihad Islam lain yang dicurigai ikut serta dalam serangan itu, Wissam Abu Zeid, terluka dalam insiden yang sama, kata pejabat Israel itu. Kepresidenan Palestina mengutuk operasi Israel. Juru bicara Nabil Abu Rudeina menyebutnya sebagai pelanggaran hukum internasional yang akan membawa eskalasi berbahaya dalam sambutan yang dibawa oleh kantor berita resmi Wafa.

 

Pasukan Israel sering melakukan serangan penangkapan di Tepi Barat yang diduduki. Pada 25 Mei, pasukan Israel membunuh seorang Palestina dalam satu serangan semacam itu di dekat Ramallah. (OL-14)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *