Hujan Deras, Bencana Terjang Tiga Kampung di Kota Sukabumi

oleh

SEJUMLAH lokasi di Kota Sukabumi, Jawa Barat, diterjang bencana hidrometeorologi bersamaan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut dalam waktu cukup lama, Selasa (1/6) siang hingga petang. Jenis bencananya terdiri dari tanah longsor dan banjir bandang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardhani, menjelaskan tiga lokasi bencana berada di Kecamatan Gunungpuyuh. Pemicunya intensitas curah hujan cukup tinggi dalam waktu cukup lama. “Di Kelurahan Gunungpuyuh ada dua lokasi dan Kelurahan Karangtengah ada satu lokasi,” kata Imran, Rabu (2/6).

Di Kelurahan Gunungpuyuh bencana terjadi di Kampung Tegalpari RW 11. Di lokasi itu bangunan talud sungai jebol. Akibatnya terjadi banjir dari kolam ikan hingga menggenangi dua rumah warga setempat. “Tidak ada korban jiwa. Untuk taksiran kerugian masih dalam penghitungan,” jelasnya.

Masih di lokasi yang sama, tepatnya di Kampung Tegalpari RT 02/08 dan RT 03/05, tebing di area persawahan mengalami longsor. Materialnya menutupi anak Sungai Ciseureuh. “Luapan airnya mengakibatkan banjir hingga merendam sedikitnya 25 rumah warga. Tinggi genangan lebih kurang 40 sentimeter,” ujarnya.

Sedangkan di Kelurahan Karangtengah, tingginya intensitas curah hujan mengakibatkan sejumlah rumah warga di Kampung Ciseureuh RT 02 dan RT 03 di RW 05 terendam banjir. Kondisi itu diakibatkan tersumbatnya aliran sungai di sekitar permukiman warga.

 

“Dari semua kejadian bencana, untuk taksiran kerugian material belum dihitung. Petugas di lapangan masih melakukan asesmen,” pungkasnya. (OL-14)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *