HRW Berharap Ada Sanksi Individu Israel yang Lakukan Apartheid

oleh

LAPORAN Human Rights Watch (HRW) bahwa Israel melakukan kejahatan apartheid ini muncul saat negara Yahudi itu menghadapi penyelidikan oleh Pengadilan Kriminal Internasional. Pengadilan diharapkan fokus pada dugaan kejahatan perang yang dilakukan selama perang pada 2014 melawan kelompok Islam Hamas di Gaza.

Israel mengatakan tidak akan bekerja sama dengan penyelidikan. Hamas yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh sebagian besar negara Barat juga sedang diperiksa oleh ICC.

HRW mengatakan ICC harus melakukan penyelidikan tambahan terhadap mereka yang terlibat secara kredibel dalam melakukan kejahatan apartheid dan penganiayaan.

Baca juga: Kemenlu Israel Bantah Tudingan Lakukan Apartheid oleh HRW

 

Ia meminta negara-negara untuk menjatuhkan sanksi individu, termasuk larangan perjalanan dan pembekuan aset, pada pejabat yang bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan ini.

 

HRW ialah organisasi internasional besar pertama yang menyamakan tuduhan kontroversial apartheid terhadap Israel. Kelompok hak asasi Palestina telah menggunakan istilah tersebut selama bertahun-tahun.

Awal tahun ini, kelompok masyarakat sipil Israel B’Tselem membuat tuduhan serupa. Yang terakhir, Selasa (27/4), mereka menyambut baik laporan HRW dan menyebutnya sebagai bacaan penting. (AFP/OL-14)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *