Hempaskan Swiatek, Barty Melaju Perempat Final Madrid Terbuka

oleh

DUEL antara dua perempuan terakhir yang menjadi juara Prancis Terbuka yakni Ashleigh Barty dan Iga Swiatek di babak 16 besar Madrid Terbuka 2021 berhasil dimenangkan oleh Barty, Selasa, (4/5) dini hari WIB.

Bertarung sengit dalam waktu 1 jam 41 menit, Barty yang merebut trofi Roland Garros pada tahun 2019 sukses menghempaskan Juara Roland Garros 2020 Iga Swiatek dalam pertarungan dua set langsung 7-5, 6-4.

“Saya benar-benar menikmati permainan saya di lapangan malam ini, saya menikmati tantangannya. Permainan Iga sangat luar biasa, itu benar-benar mengesankan,” ucap Barty usai pertandingan, dikutip dari WTA, Selasa, (4/5).

“Saya suka cara dia (Iga) bermain, saya suka cara dia menjalani permainan, dia bermain tanpa rasa takut. Saya pikir cara dia mengontrol lapangan, memiliki kemampuan untuk bergerak dan menetralisir dari posisi bertahan sangat mengesankan,” imbuhnya.

baca juga:Tenis

Dalam pertandingan set pertama, Barty yang menduduki peringkat satu dunia memulai pertandingan dengan lambat di mana ia tertinggal 3-0 atas Swiatek. Tak ingin terus tertinggal Barty pun bangkit dari keterpurukan, tampil lebih agresif dari tiga gim sebelumnya, petenis Australia itu langsung tancap gas untuk menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Berusaha keras untuk menciptakan poin demi poin, Barty pun sukses merebut kemenangan set pertama dengan skor 7-5.

Memasuki set kedua, kini giliran Swiatek yang memulai pertandingan dengan lambat di mana ia tertinggal 3-1, melakukan forehand keras di depan net Swiatek sempat menipiskan jarak menjadi 3-2.

Terus mencoba menyamakan kedudukan, sayangnya level permainan Barty terlalu kuat untuk di patahkan membuat petenis berusia 25 tahun itu kembali menjauhkan jarak menjadi 4-2.

Bertarung sengit hingga kedudukan 5-4,  pengembalian yang lemah dari Swiatek saat menerima bola keras dari Barty, sukses membawa Barty merebut tiket perempat final dengan kemenangan set kedua 6-4.

“Saya pikir mungkin setengah jam pertama adalah periode penyesuaian bagi kami berdua. Saya rasa saya butuh waktu untuk terbiasa dengan permainan Iga,” tutur Barty.

“Butuh beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan hal itu (permainan Iga), dan memahami apa yang ingin saya lakukan di lapangan. Begitu saya mendapatkan permainan, saya jelas menjadi jauh lebih baik dan mampu mengendalikan pertandingan seperti yang saya inginkan,” jelasnya.

Adapun atas kemenangan tersebut, di babak perempat final, Barty akan menghadapi unggulan ke-9 asal Republik Ceko Petra Kvitova. Dalam perjalanannya ke babak perempat final Kvitova berhasil menghempaskan petenis Rusia Veronika Kudermetova dengan pertandingan tiga set 6-3, 4-6, 6-4.

baca juga:

Berdasarkan catatan WTA, Barty dan Kvitova telah bertemu sebanyak sembilan kali sepanjang karir mereka dengan petenis Ceko itu unggul 5-4. Satu-satunya pertemuan mereka di lapangan tanah liat terjadi sembilan tahun lalu di Prancis Terbuka di mana Kvitova merebut kemenangan 6-1,6-2.

“Kami pernah bernain di lapangan tanah liat, tapi sudah bertahun-tahun lalu jadi saya tak menjadikan pertandingan itu sebagai gambaran. Saat ini Ash memiliki permainan yang luar biasa di tanah liat, dia mungkin lebih suka bermain di tanah liat dari pada saya,” sebut Kvitova.

“Bermain melawan Ash selalu menjadi tantangan besar. Saya rasa ini akan menjadi pertarungan hebat, saya benar-benar menantikannya,” tukasnya. (WTA/OL-3)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *