H-8 Lebaran, Harga Telur Ayam di Aceh Mulai Naik

oleh

MEMASUKI H-8 Lebaran 1442 H, harga telur ayam ras di kawasan Provinsi Aceh, mulai metangkak naik. Hal itu diduga karena permintaan konsumen semakin meningkat sehingga dijadikan kesempatan menaikkan harga oleh pengusaha pelaku pasar.

Amatan Media Indonesia, selama dua hari terakhir, Minggu (2/5) dan Senin (3/5), kenaikan harga tersebut terjadi di Kota Banda Aceh, Ibu kota Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, dan Kabupaten Bireuen.

Di Pasar Sigli, Ibu Kota Kabupaten Pidie, misalnya, harga telor ayam ras kualitas terbaik ukuran besar Rp48.000 per papan (30 butir). Harga itu lebih mahal dari sebelumnya Rp45.000 per papan.

Baca juga: Kalsel Pasok Beras untuk Kaltim dan Kalteng

Lalu, harga telor ayam ras ukuran sedang (standar) Rp40.000 per papan. Untuk ukuran sedang ini masih bertahan seperti sebelumnya yaitu seperti dua hari lalu.

Pedagang telor ayam yang juga penjual telor bebek grosir di Kota Sigli, Aceh, Faisal mengatakan, mulai akhir pekan kedua bulan Ramadan, harga telor mulai meningkat. Hal itu ditenggarai karena permintaan telor semakin tinggi, sehingga harganya pun naik secara tiba-tiba.

“Untuk sementara, telor ayam ukuran sedang masih Rp40.000 per papan. Tapi yang ukuran jombo atau ukuran pilihan sudah mencapai Rp48.000 per papan” kata Faisal.

Faisal menduga ada kemungkinan harga telor tersebut bakal naik lagi. Apa lagi permintaan untuk kebutuhan kue lebaran dan lainnya semakin besar. Hanya saja pihaknya tidak bisa mempredoksikan sampai berapa harga puncak paling mahan nanti. (OL-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *