Gorontalo Utara Tidak Sediakan Minyak Tanah Untuk Tumbilotohe

oleh

Sabtu 08 Mei 2021, 05:24 WIB


ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
Pedagang menata lampu botol bekas untuk acara Tumbilotohe di Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (29/4/2021).

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo tidak menyiapkan pasokan minyak tanah subsidi bagi umat Islam yang akan melaksanakan tradisi malam pasang lampu Tumbilotohe pada tiga hari terakhir bulan Ramadan.

 

“Sudah sejak Ramadan tahun lalu pasokan minyak tanah subsidi ditiadakan. Karena pelaksanaan tradisi Tumbilotohe tidak lagi digelar meriah atau dalam bentuk festival,” kata Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Pemkab setempat, Ahyun Blongkod, di Gorontalo, Jumat (7/5).

 

Anggarannya pun katanya, telah dialihkan untuk kegiatan penting lainnya. Biasanya kata dia, pihaknya akan menyiapkan kuota minyak tanah subsidi untuk perayaan Tumbilotohe di ibu kota kabupaten, maupun pusat kecamatan dan desa. Namun dampak pandemi Covid-19 membuat kegiatan yang juga dikemas dalam bentuk wisata religi tersebut harus ditiadakan untuk mencegah terjadinya kerumunan orang.

 

“Kondisi ini telah kita informasikan ke pemerintah kecamatan untuk disebarkan ke desa-desa,” katanya.

baca juga: Pernik Ramadan

 

Malam pasang lampu Tumbilotohe yang digelar mulai 27 Ramadan, tetap dapat digelar namun dilakukan secara sederhana di rumah-rumah. Jika sebelumnya dilombakan antardesa, maupun antarkecamatan, dipusatkan di lapangan terbuka maupun menghiasi jalan utama. Namun di masa pandemi covid-19 kemeriahannya diredam untuk menghindari orang berkumpul atau membentuk keramaian. Hal ini dalam upaya pengendalian covid-19. (Antara/OL-3)

 

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *