Fitur “Find My” di iOS 15 Tetap Aktif Walau Ponsel Dimatikan atau Data Dihapus • Labonsite Gadget

oleh

Apple telah menggelar event tahunan mereka yaitu WWDC 21, yang dimulai sejak 7 Juni 2021 kemarin. Tentunya salah satu yang paling di-highlight dalam event tersebut adalah kehadiran update iOS terbaru yaitu iOS 15.

Meskipun beberapa fitur baru yang dihadirkan pada update iOS 15 sebenarnya bukan hal yang baru, apalagi jika dibandingkan dengan sistem operasi Android, namun ada salah satu update yang terbilang sangat menarik dan paling inovatif.

Baca Juga: Twitter Resmi Hadirkan Fitur “Twitter Blue”

Find My iPhone

Update tersebut adalah pada fitur “Find My,” yang pada iOS 15 ini memungkinkan pengguna untuk tetap dapat mencari perangkat yang hilang, bahkan ketika perangkat telah dimatikan ataupun data pengguna telah dihapus.

Jadi mekanismenya, saat perangkat ponsel dimatikan, ponsel tetap mengirimkan sinyal BLE (Bluetooth Low Energy), seperti yang digunakan pada perangkat AirTag.

Baca Juga: Update WhatsApp Hadirkan Fitur Multi Device, Satu Akun Bisa di Empat Perangkat 

Dengan sinyal BLE tersebut, perangkat iPhone akan menjangkau perangkat iPhone yang telah mendukung, dalam hal ini yang telah menggunakan iOS 15, untuk kemudian dapat ditentukan lokasi pencariannya.

Akan tetapi fitur ini mungkin akan dirasa tidak aman bagi sebagian orang, dimana ponsel terhubung dengan perangkat lain disekitar yang bahkan tidak dikenali. Tak perlu khawatir, karena pengguna juga tetap dapat mematikan fitur ini, sehingga sinyal BLE benar-benar dimatikan saat ponsel dalam keadaan dimatikan.

Jadi pilihan tersebut tentunya tetap berada di tangan pengguna. Kalau menurut kalian pengguna iPhone bagaimana, apakah fitur ini penting untuk diaktifkan atau dinonaktifkan saja?

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *