Dubes Arab Saudi Pastikan belum Ada Keputusan Soal Kuota Haji

oleh

DUTA Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam Bin Ahmed Abid Althaqafi mengirimkan surat ke DPR RI untuk mengklarifikasi pemberitaan mengenai kuota haji bagi Indonesia tahun ini.

Althaqafi, dalam surat tersebut, mengatakan bahwa pemberitaan yang menyebut Arab Saudi tidak menyediakan kuota haji untuk Indonesia tidak benar dan tidak dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi.

Selain itu, otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi, hingga saat ini, belum mengeluarkan instruksi apapun berkaitan pelaksanaan haji Indonesia maupun bagi para jemaah haji lainnya dari seluruh dunia.

Baca juga: Kedutaan Arab Saudi Klarifikasi Terkait Haji Tahun Ini

Saat ini, sedang viral pemberitaan di sejumlah media massa serta media sosial di Indonesia bahwa tahun ini, Indonesia tidak mendapatkan kuota haji.

Pemberitaan yang mengutip pernyataan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang menyatakan telah memperoleh informasi bahwa Indonesia tidak memperoleh kuota haji pada tahun ini, juga pernyataan dari Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI yang menyebutkan adanya 11 negara yang telah memperoleh kuota haji dari Kerajaan Arab Saudi ada tahun ini, namun Indonesia tidak termasuk dari negara-negara tersebut itu ditepis oleh Althaqafi.

“Berita-berita tersebut tidaklah benar dan hal itu tidaklah dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi. Di samping itu, otoritas yang berkompeten di Kerajaan Arab Saudi, hingga saat ini, belum mengeluarkan instruksi apapun berkaitan pelaksanaan haji tahun ini,” ujarnya dalam surat tersebut.

Althaqafi berharap anggota DPR RI dapat melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak kedutaan atau otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi lainnya agar dapat mendapatkan informasi yang valid. (RO/OL-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *