Disiplin Prokes Rendah, Puluhan Warga Satu Kampung Positif Covid

oleh

BERAWAL dari sepasang suami istri yang menjenguk kerabatnya yang sakit, puluhan warga Kampung Ciburial RW 03, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat tertular Covid-19. Warga yang kini positif Covid-19 saat ini menjalani isolasi mandiri. 

Dari informasi yang dihimpun, setelah pulang menjenguk kerabatnya, pasangan suami istri itu menjalani kegiatan seperti biasa di lingkungan rumah mereka. Belakangan keluar hasil swab antigen yang menyatakan jika kerabatnyapositif Covid-19.

“Suaminya rutin berkegiatan di masjid, istrinya juga sering ikut pengajian. Setelah saudaranya itu positif, mereka berdua cek swab antigen ke puskesmas dan hasilnya juga positif,” kata Kepala Puskesmas Cikole, Iyan Hartono, Jumat (4/6).

Pihak puskesmas kemudian melakukan tracing terhadap kontak erat pasutri di sekitar lingkungan rumahnya. Hasilnya 26 orang tertular Covid-19. 

Iyan meminta warga yang merasa pernah berkontak dengan mereka segera mengecek ke puskesmas atau melakukan swab test mandiri. “Kebanyakan hanya bergejala ringan, sudah diminta menjalani isolasi mandiri. Kita beri obat dan pantau perkembangan kondisi kesehatannya,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat, Asep Sodikin mengatakan, pihaknya telah memerintahkan warga yang terpapar melaksanakan isolasi mandiri dengan pengawasan dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat.

“Sesuai SOP, pasti harus segera dikarantina. Nanti petugas surveilans dari Dinkes dan Puskesmas akan melakukan tracking kontak erat,” ungkap Asep.

Asep menyebut, penambahan kasus Covid-19 di Bandung Barat bakal menjadi bahan evaluasi. Dia menduga, kasus itu muncul akibat ketidakdisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

“Saya menduga karena ketidakdisiplinan menerapkan 3M, padahal sejak awal kami sudah mengingatkan agar mengurangi kerumunan, pakai masker, rajin cuci tangan. Masyarakat perlu disadarkan terus,” jelasnya. (OL-15)

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *