Dirjen Vokasi Harapkan Anak Madura Tingkatkan Keterampilan     

oleh

INDEKS pembangunan manusia (IPM) empat kabupaten di Madura, Jawa Timur masuk 10 besar terendah di Jawa Timur. Ada sejumlah faktor penyebab dan diharapkan bisa diatasi melalui pendidikan vokasi.

“Pendidikan harus menjadi pemacu dalam peningkatan IPM di Madura,” ujar Direktur Politeknik Negeri Madura (Poltera) Arman Jaya di Madura, Jumat (9/4). Ia menambahkan ada beberapa faktor yang melatarbelakangi IPM rendah, di antaranya pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

Arman berharap Poltera menjadi penerang bagi anak Madura untuk melanjutkan pendidikan. Poltera adalah satu-satunya pendidikan vokasi (politeknik negeri) yang ada di Madura. 

Sementara itu Achkmad Saukhi, mahasiswa asal Kabupaten Pamekasan mengatakan bahwa keberadaan Poltera menjadikan dia terpacu melanjutkan studi. “Awalnya saya tidak ada niat untuk kuliah, karena tidak punya biaya dan tidak bisa jauh dari keluarga. Alhamdulillah sekarang di Madura ada politeknik negeri,” ungkapnya. 

Senada disampaikan Reka Hanivia Dewi, mahasiswi asal Kabupaten Sampang, bahwa keberadaan Poltera menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya. “Sebagai orang Madura saya bangga. Madura tidak hanya dikenal dengan garamnya tapi saat ini juga dikenal dengan kampus teknologinya,” paparnya.



 

Harapan agar IPM bisa meningkat disampaikan Bupati Sampang Slamet Junaidi. Ia berharap Poltera membantu Pemkab Sampang pihaknya dalam meningkatkan IPM. “Ini awal yang bagus dalam rangka peningkatan IPM Sampang,” katanya saat memberikan sambutan pada acara peresmian gedung konstruksi Poltera, (9/4). 

Sedangkan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto menantikan terobosan baru yang akan dilakukan Poltera, terutama untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan IPM di Sampang. 

Poltera adalah pendidikan vokasi yang menyiapkan lulusan siap kerja. Saat ini Poltera memiki empat program studi, yaitu teknik listrik industri, teknik mesin alat berat, teknik bangunan kapal, dan keperawatan. 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *