Digitalisasi UMKM Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

oleh

PELAKU UMKM yang melek digital dianggap sebagai kunci pemulihan ekonomi nasional. Hal itu, sejalan dengan program serba digital dan basis internet warkop digital yang memiliki produk unggulan kopi Bengkulu.

“Pemerintah memandang UMKM digital sebagai kunci pemulihan ekonomi,” kata Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (4/6).

Untuk melihat secara langsung keberhasilan dan dampak dari Program Kartu Prakerja, Kamis (3/6), Ia melakukan kunjungan dan sosialisasi UMKM ke Warkop Digital Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan ini Ia pun bertatap muka dengan para penerima Kartu Prakerja tahun 2020 dan 2021, salah satunya Syarief Hidayat, Alumni Prakerja 2020 Gelombang 8.

Baca juga: Warkop Digital Buka Peluang Usaha

Syarief, salah satu alumni prakerja yang berhasil menjadi pengusaha kedai kopi Warkop Digital di Jalan Bogor Nirwana Residence B12/196 mendapat dukungan alat digitalisasi. Syarif mendapat laptop, TV pintar dari Jamkrindo, juga modal penguatan KUR Super Mikro sebesar Rp10 Juta dari BNI 46 untuk Warkop Digital miliknya.

“Warkop Digital adalag cara modern meningkatkan kegiatan ekonomi rakyat mengatasi covid-19,” lanjut dia.

Seperti yang diketahui, program Warkop Digital telah hadir dari Sabang hingga Merauke serta Miangas hingga Rote yang tersebar di 7 Provinsi guna akselerasi dengan program digitalisasi pemerintah, salah satunya adalah program Desa Digital Desa Wisata.

Program ini sangat mendukung keberlangsungan Program Prakerja, salah satu misinya adalah dengan memberdayakan Alumni Prakerja untuk menjadi pengusaha kedai kopi di desa dengan layanan digital, juga untuk bersama-sama merealisasikan harapan pemerintah terhadap UMKM masa kini. (R-3)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *