Di Negara Pasifik ini, Baru Muncul Covid-19

oleh

NEGARA di Pasifik, Palau, melaporkan kasus virus korona pertama yang dikonfirmasi pada Senin, tetapi pihak berwenang mengatakan itu bersifat historis dan tidak menimbulkan risiko penularan.

Negara pulau dengan jumlah penduduk sebanyak 21.000 itu sejauh ini berhasil menghindari covid-19 setelah menutup perbatasannya di awal pandemi, terlepas dari biaya yang sangat besar bagi perekonomian yang bergantung pada pariwisata.

Kementerian Kesehatan mengatakan seorang pelancong yang tiba di Palau awal bulan ini ditemukan mengidap virus itu, meskipun mereka dites negatif sekali sebelum berangkat ke pulau itu dan dua kali selama karantina yang berlangsung dua minggu.

“Tes lebih lanjut mengungkapkan bahwa ini adalah riwayat – infeksi masa lalu – kasus covid-19, dan itu tidak menular,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Kementerian itu memperkirakan orang itu tertular virus pada Januari tahun ini.

Pihak berwenang menolak untuk merilis rincian apapun tentang pasien atau negara tempat mereka bepergian, dengan alasan itu adalah masalah privasi.

Kementerian juga mengatakan bahwa orang itu ditempatkan dalam isolasi dan kontak dekat dinilai hanya sebagai tindakan pencegahan.

Palau memiliki gelembung perjalanan singkat dengan Taiwan yang ditutup awal bulan ini setelah Taiwan mengalami lonjakan kasus virus. (AFP/OL-4)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *