Denmark akan cabut aturan pemakaian masker, tambah penonton untuk EURO

oleh

Kami akan bisa melakukan semua yang telah kami lewati, karena kami sekarang membuat endemi ini terkendali

Jakarta (ANTARA) – Denmark pada Kamis mengumumkan pelonggaran sejumlah peraturan terkait COVID-19, termasuk penggunaan masker wajah, jam buka bar dan restoran, serta jumlah penonton di pertandingan EURO saat negara itu siap-siap mencabut semua larangan pada 1 Oktober.

Negara Skandinavia tersebut juga berencana perlahan-lahan menghapus “pas corona” yang dibutuhkan untuk melakukan sejumlah aktivitas pada tanggal yang sama.

“Kami akan bisa melakukan semua yang telah kami lewati, karena kami sekarang membuat endemi ini terkendali,” kata Menteri Kesehatan Magnus Heunicke seperti dikutip AFP.

Baca juga: Penonton Inggris bisa pakai bukti vaksin untuk masuk Wembley

Masker tidak akan lagi menjadi kewajiban mulai 14 Juni, kecuali dalam transportasi publik selama jam sibuk dan untuk penumpang berdiri.

Peraturan itu perlahan-lahan akan dicabut pada 1 September.

Bar dan restoran akan diizinkan buka hingga tengah malam mulai 11 Juni, dibandingkan hanya sampai jam 11 malam. Pada 15 Juli, mereka bahkan akan diizinkan tetap buka hingga jam 2 pagi.

Klub malam akan diizinkan buka kembali pada 1 September, tapi pengunjung akan perlu menunjukkan kartu “pas corona” untuk masuk hingga 1 Oktober.

Dokumen tersebut, yang menyatakan sang pemegang telah dites negatif atau kebal, akan perlahan dihapus sepenuhnya pada 1 Oktober.

Baca juga: Muenchen gelar EURO dengan 14.500 penonton, Sevilla tuan rumah baru

Museum, bioskop, dan teater tidak akan memerlukan pas tersebut mulai 1 Agustus, dan bar serta restoran menyusul pada 1 September.

Maksimal sebanyak 10.000 orang akan diizinkan menghadiri acara publik pada 14 Juni.

Kemudian empat pertandingan EURO 2020 yang akan dimainkan di Copenhagen akan menyambut 25.000 penonton, naik dari 16.000 yang telah direncanakan.

Akan tetapi, karena pemberitahuan yang singkat, asosiasi sepak bola Denmark mengatakan penambahan jumlah tersebut tidak akan diterapkan di laga pertama pada Sabtu, ketika Denmark bertemu Finlandia.

Relatif tak terdampak pandemi, Denmark saat ini mencatatkan hanya 122 pasien COVID yang menjalani rawat inap di rumah sakit, angka terendah sejak Oktober.

Dari 5,8 juta penduduk Denmark, 24,2 persen di antaranya telah selesai divaksinasi dan 42,7 persen menerima dosis pertama.

Baca juga: Mulai Mei, Italia akan izinkan 1.000 penonton masuk stadion

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *