Colorado Laporkan Kelahiran Serigala Pertama dalam 80 Tahun

oleh

NEGARA Bagian Amerika Serikat (AS), Colorado, melaporkan kelahiran serigala pertama dalam tempo 80 tahun, langkah besar dalam upaya menyelamatkan spesies yang terancam punah di ‘Negeri Paman Sam’ itu.

Antara 4 dan 8 Juni, seorang pakar biologi dan seorang jagawana melaporkan secara terpisah melihat sepasang serigala, yang diberi nama John dan Jane, terlihat beraktivitas bersama tiga anak mereka.

Pengamatan itu terjadi saat fajar atau senja dari jarak sekitar 2 mil dari lokasi sarang serigala agar tidak mengganggu mereka.

Baca juga: Penembakan di Toserba Florida, Tiga Orang Tewas

Tidak diketahui apakah ketiga anak itu adalah keseluruhan anak John dan Jane karena induk serigala biasanya melahirkan antara empat dan enam anak.

“Colorado kini memiliki anak serigala untuk pertama kalinya sejak 1940-an,” ujar Gubernur Colorado Jared Polis dalam sebuah pernyataan resmi, Rabu (9/6). “Kami menyambut gembira peristiwa bersejarah ini.”

Warga Colorado, tahun lalu, melakukan voting untuk memberlakukan hukum untuk melindungi predator itu, kali pertama warga suatu wilayah memaksa pemerintah untuk melindungi sebuah spesies.

Sebanyak seperempat juta serigala pernah ada di AS sebelum penjelajah Eropa datang dan membunuhi hewan itu dengan menembak, menjebak, dan meracuni mereka hingga abad ke-20.

Saat ini, diperkirakan hanya tersisa sekitar 6 ribu ekor serigala di 48 negara bagian AS, naik dari hanya sekitar 1.000 sejak AS menyatakan serigala sebagai hewan dilindungi pada akhir 1970-an. (AFP/OL-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *