BigBox Developer API Luncurkan Layanan International Messaging

oleh

INOVASI adalah salah satu kunci bagi sebuah perusahaan untuk berkembang dan bersaing. Hal itu pula yang coba terus dilakukan PT Telkom Indonesia.

Kali ini perusahan BUMN itu memberikan layanan berupa platform analitik data end-to-end dengan menggabungkan teknologi Big Data untuk menghadirkan platform data perusahaan industri lewat BigBox. Analisis yang dibuat, diperuntukkan untuk memberikan wawasan kepada perusahaan untuk menentukan keputusan bisnis yang tepat.

Baca juga: Perluas Akses 4G, Menkominfo Minta Dukungan Polri

BigBox sendiri dikelola khususnya di bawah PT Metra-Net yang merupakan salah satu anak perusahaan Telkom Indonesia yang bergerak dibidang digital. PT Metra-Net fokus pada enam lini bisnis yaitu Financial Service, B2B Commerce, Big Data, Digital Advertising, Digital Content, dan Communication.

Selain menawarkan Big Data, BigBox juga memiliki beberapa layanan lainnya yang salah satunya adalah BigBox Developer API yaitu, layanan yang memberikan penawaran untuk API siap pakai yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengirimkan pesan berupa OTP, Broadcast ataupun Notifikasi yang dapat membuat proses pengembangan menjadi lebih efektif dan efisien. Artinya, API ini siap pakai sehingga tak lagi butuh waktu lama untuk berkomunikasi dengan para pelanggan produk perusahaan.

Selain menyediakan API untuk kebutuhan komunikasi, di dalam BigBox Developer API juga menyediakan Layanan API Payment Gateway, Telco Scoring maupun eKYC. Untuk kebutuhan OTP sendiri tidak hanya tersedia untuk SMS tetapi ada juga OTP melalui email, voice call dan missed call.

Selain dapat menjangkau bisnis di wilayah domestik, BigBox Developer API juga meluncurkan layanan baru yaitu International Messaging yang diharapkan mampu memudahkan para pelaku bisnis startup ataupun perusahaan multinasional dalam menjalankan bisnis dan terhubung dengan berbagai pihak hingga mancanegara.

Di era digital seperti sekarang ini jarak antar-negara memang dibuat sedemikian rupa sehingga terasa semakin dekat. Untuk itu BigBox Developer API hadir dengan layanan yang disediakan untuk membuat bisnis semakin efektif dan efisien.

“Kami mengharapkan dengan adanya layanan internasional ini bisa melakukan kolaborasi yang cukup luas dan saling membantu dalam memberikan solusi untuk membuat sebuah peluang bisnis yang lebih besar lagi tentunya dan dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang semakin baik,” kata Faisal Yusuf, Vice President Big Data.

Walaupun BigBox Developer API terbilang baru, layanan yang ditawarkan oleh BigBox tidak kalah dibandingkan dengan para pesaingnya di industri yang sama. Bahkan pada masa pandemi covid-19, BigBox Developer API telah digunakan untuk mendukung aplikasi PeduliLindungi, yang digunakan oleh Pemerintah Indonesia dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran virus korona.

“Pada masa pandemi covid-19, Platform API kami diberikan kepercayaan untuk menjadi salah satu solusi dalam pengembangan aplikasi PeduliLindungi, yaitu aplikasi yang digunakan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19 di wilayah RI,” kata Didik Budi Santoso, Direktur Utama PT Metra-Net. (RO/A-1)

 


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *