Bersinergi Hadirkan Inovasi Terbaru Tes Antigen di Indonesia

oleh

PANDEMI-19 yang masih berlangsung di Tanah Air sudah sejatinya menjadi perhatian semua pihak. Sebab pemerintah tidak mungkin bisa bekerja sendiri dalam memberantas wabah yang juga melanda banyak negara di dunia tersebut.

Untuk itu Siloam Hospitals Group bersama Roche (perusahaan di bidang farmasi dan diagnostik) dan Halodoc (perusahaan telehealth) bersinergi menghadirkan inovasi terbaru tes antigen di Indonesia, yaitu swab antigen Elecsys yang akan tersedia secara bertahap di jaringan rumah sakit Siloam dan platform Halodoc (aplikasi dan website).

Baca juga: Tes COVID-19 Petugas Pemungutan Suara Ulang Banjarmasin

“Di tengah kondisi saat sebagian masyarakat Indonesia sudah mendapatkan vaksinasi, kita perlu menyadari bahwa pandemi belum selesai. Menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan melakukan tes covid-19 tetap menjadi hal yang perlu dilakukan setiap individu, terutama mereka yang sudah aktif bekerja dari kantor dan memiliki mobilitas tinggi,” ujar Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Caroline Riady.

“Terdapat tiga prioritas utama yang difokuskan Siloam Hospitals Group dalam rangka menanggulangi pandemi covid-19, yaitu melakukan tes atau skrining sebanyak mungkin guna memutus penularan virus, meningkatkan layanan terhadap pasien covid-19, dan pelaksanaan vaksinasi. Melakukan tes merupakan langkah penting di masa pandemi karena semakin cepatseseorang teridentifikasi dan tertangani, semakin cepat pula wabah virus corona dapat ditanggulangi. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami dan platform Halodoc, seperti tes terbaru berbasis laboratorium swab antigen Elecsys untuk kesehatan dan keamanan bersama.”

Selama lebih dari satu tahun pandemi, Siloam Hospitals Group telah melakukan lebih dari 2,8 juta tes covid-19 yang mencakup RT-PCR, swab molekuler isotermal, rapid antigen, serologi antibodi, antibodi kuantitatif, dan rapid antibodi. Secara konsisten, Siloam Hospitalsselalu berusaha menyediakan beragam tes covid-19 yang terjangkau dan mudah diakses masyarakat yang memiliki beragam kebutuhan, terutama dengan kondisi bahwa jumlah tes covid-19 yang dilakukan di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara lainnya.

Swab antigen Elecsys merupakan metode tes antigen terbaru dengan performa tinggi yaitu dengan sensitivitas 94.5% dan spesifisitas 99.9% pada CT Value < 30 yang berarti mampu mendeteksi lebih akurat sampel dengan jumlah virus yang lebih rendah dibandingkan rapid antigen biasa. Pengambilan sampel untuk tes ini dilakukan dengan cara usap nasofaring, yakni mengumpulkan cairan atau sampel dari bagian belakang hidung.

Hasil swab antigen Elecsys menggambarkan kondisi saat pengambilan sampel. Hasil positif menunjukkan kemungkinan besar terinfeksi SARS-CoV-2, sedangkan hasil negatif tidak menyingkirkan kemungkinan terinfeksi SARS-CoV-2. Penilaian hasil didapatkan dengan melihat keadaan klinis pasien dan hasil pemeriksaan penunjang lain.

“Swab antigen Elecsys yang berbasis laboratorium ini memiliki berbagai keunggulan, seperti harga terjangkau dengan hasil lebih akurat karena pemeriksaan sampel dilakukan secara otomatis di dalam alat immunoassay cobas-Elecsys® seriessehingga pembacaan hasil lebih standar serta dapat digunakan untuk pengujian skala besar dengan jumlah sampel besar dan pelacakan kontak (contact tracing),” ujar Dokter spesialis patologi klinik Siloam Hospitals Surabaya dr. Diane Lukito, Sp.PK.

Sebagai perusahaan global terkemuka yang bergerak di bidang farmasi dan diagnostik, sejak awal pandemi Roche telah bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan, pemerintah, organisasi/badan kesehatan, serta pihak terkait lainnya dalam memastikan masyarakat di seluruh dunia memperoleh kesempatan untuk melakukan tes covid-19 serta mendapatkan pengobatan dan perawatan yang dibutuhkan.

“Pandemi covid-19 dengan jelas menunjukkan nilai dan pentingnya diagnostik, dan Roche berada di garis depan dalam memerangi pandemi ini. Dengan komitmen untuk memberikan solusi pengujian yang cepat, akurat, dan andal bagi penyedia layanan kesehatan dan masyarakat serta membantu Indonesia memerangi covid-19, kami menghadirkan tes antigen SARS-CoV-2 Elecsys® yang berbasis laboratorium dengan metode ECLIA (Electro Chemiluminescence Immune Assay). Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Siloam Hospitals Group yang memiliki jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia sehingga tes ini dapat diakses oleh lebih banyak masyarakat Indonesia secara mudah. Sebagai institusi kesehatan yang selalu beradaptasi dengan situasi terkini, standar operasional berkualitas tinggi dan inovasi-inovasi terdepan, Siloam Hospitals Group merupakan pilihan tepat bagi kami untuk bermitra,” ujar Direktur, Country Manager Diagnostics Roche Indonesia Ahmed Hassan.

Dalam memperkenalkan swab antigen Elecsys, Siloam Hospitals Group juga menggandeng Halodoc sebagai exclusive external booking partner dalam hal memberikan akses pemesanan tes di aplikasi maupun website dan edukasi kepada masyarakat. “ Sejak awal pandemi, kami telah secara proaktif memberikan solusi kesehatan secara digital, serta membangun kolaborasi dengan pemerintah maupun swasta. Bersama Siloam Hospitals Group dan Roche, kami kembali mempermudah penyediaan akses untuk penjadwalan tes covid-19 terbaru swab antigen Elecsys yang diharapkan dapat menjadi alternatif bagi masyarakat. Kami juga berterima kasih atas kepercayaan dari Siloam Hospitals Group terhadap Halodoc yang dipercaya sebagai mitra eksklusif dalam pemasaran dan edukasi tes ini,” ujar CEO & Co-Founder Halodoc Jonathan Sudharta. (RO/A-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *