Begini Sosok Mendiang Mochtar Kusumaatmadja di Mata Wamenlu

oleh

MANTAN Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja tutup usia Minggu (6/6) pago. Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar pun menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya menteri luar negeri periode 1978-1988 itu.

“Selama hidupnya, almarhum telah mengabdikan dirinya untuk nusa dan bangsa. Beliau memiliki karier yang cemerlang dalam pemerintahan maupun sebagai ilmuwan, pendidik dan negarawan,” katanya, Minggu (6/6).

Selain pernah menjabat sebagai menlu, Mochtar Kusumaatmadja juga pernah menjadi menteri kehakiman tahun 1974-1978. “Selain itu, beliau adalah guru besar di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung,” tambahnya.

Mahendra menambahkan, Mochtar juga dikenal sebagai pakar hukum internasional dengan reputasi dunia. 

Baca juga : Meraih Bintang, Lagu Favorit Megawati

“Beliau pula yang menyusun konsep Negara Kepulauan yang diformulasikan dalam Deklarasi Djuanda 1957 yang pada akhirnya memperoleh pengakuan internasional dengan diterimanya konsep Negara Kepulauan dalam Konvensi Hukum Laut 1982,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Mochtar juga merupakan orang Indonesia pertama yang terpilih sebagai Anggota Komisi Hukum Internasional dan pemegang Bintang Maha Putra Adipradana.

“Perjuangan, pengabdian dan kontribusi beliau bagi kepentingan Indonesia memberikan keteladanan bagi kita semua,” ucapnya.

“Prof Kusumaatmadja adalah penyusun utama konsep negara kepulauan melalui Deklarasi Djuanda 1957, yang sebelumnya dikritik sebagai ‘pelanggaran hukum internasional’. Dia mengembangkan konsep itu, yang pada akhirnya membuat Indonesia sebagai salah satu (negara) yang membuat hukum internasional, bukan (pihak) yang melanggar,” kata Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri Damos Dumoli Agusman, dalam cuitan di akun Twitter-nya. (OL-7)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *