Athan Siahaan Aplikasikan Teknik Drapery dalam Wastra Nusantara

oleh

DESAINER Athan Siahaan mengeluarkan koleksi baru yang dibuat dari bahan wastra tenun berasal dari seluruh Indonesia di antaranya Ulos Batak, Endek Bali, Tenun ikat NTT, Ulap Doyo Kalimantan, Batik, Songket, dan lain-lain.

Desainer yang sudah juga sudah dikenal di dunia mode internasional ini menampilkan koleksi yang dibuat dengan teknik drapery, tanpa jahitan dan tanpa memotong kain.

“Bagi saya, wastra Nusantara sangat penting karena bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian para perajin tradisional dari

seluruh Indonesia,” kata Athan, Jumat (4/6).

Melalui koleksi terbarunya, Athan Siahaan juga ingin mengajak kaum Milenial untuk bangga memakai Wastra Nusantara. Selain sebagai identitas jiwa kebangsaan, memakai warastra nusantara juga dapat meningkatkan rasa nasionalisme kaum milenial agar tidak malu memakai Wastra Nusantara

“Mengangkat kearifan lokal dan mengangkat wastra nusantara sangat penting bagi sektor perekonomian Indonesia yang akan menjadi tulang punggung ekonomi karena tingginya menyerap tenaga kerja serta kontribusi terhadap perekonomian Nasional,” kata dia.

Athan juga berjanji akan tetap berjuang untuk melestarikan wastra nusantara. “Saya akan tetap melakukan perjalanan untuk memperjuangkan Wastra yang sudah menjadi jiwa saya,” tegas dia.

Menurut Athan, melalui warastra nusantara, kita dapat melihat kekayaan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.”Betapa kayanya Wastra Indonesia itu,” kata dia.

Athan menceritakan, koleksi terbarunya tersebut telah sukses ditampilkan dalam fashion show on the spot, Kamis (3/6), dengan perlengkapan seminimalis mungkin. Beberapa titik yang menjadi tempat peragaan busana adalah di lobi Kantor Polres Gianyar, penyebrangan jalan (zebra cross) Gianyar tanpa mengganggu lalu lintas, serta di Puri Saraswati, Gianyar.

“Semuanya diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Semua tim sudah dites usap (swab test) atigen terlebih dahulu,” tutup dia. (N-1)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *